Apri Minta Aksi Satgas Karhutlan di Lapangan

27
Tanjungpinang

Bintan – Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di berbagai daerah termasuk Kabupaten Bintan menjadi persoalan yang kian pelik. Terik cuaca disusul semakin panjangnya catatan musim kemarau menjadikan Karhutla harus mendapat prioritas khusus. Belum lagi kuat dugaan adanya indikasi kesengajaan pembakaran oleh oknum tak bertanggung jawab.

Bupati Bintan Apri Sujadi, Senin siang (19/8) di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan menggelar rapat bersama FKPD, OPD serta seluruh Lurah dan Kepala Desa dalam membentuk Satuan Tugas Pengendali dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan. Dengan sangat tegas, Bupati Apri mengintruksikan langsung bagi Satgas yang telah dibentuk serta Lurah/Kepala Desa untuk siaga dan sigap menghadapi fenomena kebakaran.

“Tegas saya ingatkan, jangan lagi hanya sekedar rapat dan rapat kemudian selesai. Laksanakan, aplikasikan apa yang didapat dari rapat. Untuk satgas saya minta tunjukkan aksi, jangan hanya sekedar ceremony” tegasnya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang dan Dandim 0315 Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa juga menyatakan dukungan penuh terhadap komitmen ini.

Senada dengan itu pula, Bupati Apri juga meminta semua Camat membentuk Satgas di tingkat Kecamatan masing-masing dengan melibatkan Kapolsek dan Danramil. Selanjutnya semua Kepala Desa untuk tingkat Desa masing-masing dengan melibatkan Babinkamtibnas dan Babinsa.

“Waktu diberikan untuk satu hari untuk tiap Desa, besok saya mau lihat laporannya. Dua hari untuk setiap Kecamatan. Segera bentuk dan segera laporkan. Data semua nomor yang bisa dihubungi untuk tiap Kasatgas. Jangan sampai ada jeda dalam pelaporan dan komunikasi” lanjut Apri sebelum menutup rapat. (mcb/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here