Sah, 4 Pimpinan DPRD Kepri Dilantik: Jumaga Nadeak Kembali Jabat Ketua

Tanjungpinang
Pengambilan sumpah jabatan pimpinan dprd kepri 2019-2024

Tanjungpinang – 4 pimpinan DPRD Kepri defenitif telah dilantik. Pelantikan dilaksanakan dalam paripurna istimewa di Gedung DPRD Kepri, pada Kamis (03/10/2019). Jumaga Nadeak kembali menjabat ketua DPRD Kepri.

Pengucapan sumpah dan janji keempat unsur pimpinan tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau dan Kepri, Cicut Sutiarso.

Sebelum diambil sumpah, Sekwan DPRD Kepri membacakan Surat Keputusan Mendagri no 161.21-5295 tahun 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kepri masa jabatan 2019-2024.

Hamidi mengatakan Menteri Dalam Negeri telah menetapkan unsur pimpinan DPRD Kepri. Adapun keempat unsur pimpinan DPRD Kepri, masa jabatan 2019-2024, sbb:

Ketua : Jumaga Nadeak
Wakil Ketua I: Dewi Kumalasari
Wakil Ketua II: Raden Hadi Cahyono
Wakil Ketua III: Tengku Afrizal Dahlan

Jumaga nadeak bersama unsur pimpinan dprd kepri mengambil alih rapat paripurna

Sidang paripurna dipimpinan ketua sementara DPRD Kepri, Lis Darmansyah. Sebelum serah terima palu pimpinan, Lis Darmansyah yang juga mantan Wali Kota Tanjungpinang ini berpesan agar para pimpinan DPRD Kepri serta segenap anggota dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, terutama dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Kita, wakil rakyat, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat. Kita adalah mata, telinga, tangan, kaki dari rakyat Kepri,” pesan Lis Darmansyah.

Usai dilantik, selanjutnya dilakukan serahterima palu pimpinan dari Lis Darmansyah selaku ketua sementara kepada Jumaga Nadeak yang menjabat ketua DPRD Kepri defenitif 2019-2024.

Plt gubernur kepri isdianto saat menyampaikan sambutan

Jumaga bersama 3 wakil ketua, kemudian dipersilahkan menduduki kursi unsur pimpinan DPRD Kepri, yang sekaligus mengambil alih pimpinan rapat paripurna.

Paripurna pelantikan pimpinan DPRD Kepri berjalan lancar. Hadir Plt. Gubernur Kepri Isdianto, anggota DPRD Kepri, FKPD, para kepala OPD Kepri, pimpinan partai, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya dari organisasi pemuda dan kemasyarakatan.

PDIP Menang di Dua Pemilu, Jumaga Ketua DPRD Kepri di Periode Kedua

Dengan pelantikan ini PDIP kembali menempatkan partainya sebagai pemenang pemilu di provinsi Kepri untuk kali kedua. Yaitu Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Dengan kemenangan ini sekaligus mencatatkan nama Jumaga Nadeak sebagai ketua DPRD Kepri selama 2 periode.

Sebagaimana diketahui, Jumaga Nadeak baru saja menyelesaikan tugas sebagai ketua DPRD Kepri, periode 2014-2019. Di pemilu 2019, Jumaga kembali terpilih dari 8 legislator PDIP yang lolos ke DPRD Kepri.

Anggota dprd kepri di rapat paripurna pelantikan pimpinan dprd kepri

Dari hasil perhitungan suara di KPU, Jumaga tercatat sebagai peraih suara terbanyak diantara legislator PDIP, dan menjadi peraih suara terbanyak ketiga untuk seluruh anggota DPRD Kepri hasil pemilu 2019, yang berjumlah 45 orang.

Dengan prestasi itu, DPP PDIP di Jakarta, menilai Jumaga Nadeak yang juga menjabat Bendahara PDIP Kepri itu, sangat layak untuk menjabat ketua DPRD Kepri di periode 5 tahun ke depan.

Ketum PDIP Megawati akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Jumaga Nadeak untuk menjabat ketua DPRD Kepri, 2019-2024, dari 3 calon yang diajukan PDIP Kepri.

Partai Golkar berada di posisi kedua. Partai berlambang pohon beringin ini menunjuk kadernya, Dewi Kumalasari, yang sebelumnya sudah menjabat anggota DPRD Kepri, yaitu periode 2014-2019.

Dewi Kumalasari adalah istri Ansar Ahmad, mantan Bupati Bintan 2 periode, yang juga
anggota DPR RI, hasil pemilu 2019. Dewi tercatat sebagai peraih suara terbanyak kedua di DPRD Kepri.

Sementara PKS dan NasDem berada diurutan ketiga dan keempat hasil pemilu 2019 di Kepri. PKS mengusulkan legislatornya, Raden Hadi Cahyono di unsur pimpinan DPRD Kepri, selama 5 tahun ke depan. NasDem sendiri mempercayakan Tengku Afrizal Dahlan duduk di kursi unsur pimpinan legislatif Kepri itu. (Tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here