Dibawah Kepemimpinan Sanggam Simamora, 5 Puak Batak Bersatu dalam Wadah RBB

Tanjungpinang
Sanggam Simamora saat menyambut kedatangan Wali Kota Syharul di acara malam puncak HUT RBB Tanjungpinang ke-12.

Tanjungpinang – Warga Batak sangat memuji Kepemimpinan Sanggam Simamora selaku ketua Rumpun Batak Bersatu (RBB) Tanjungpinang. Sanggam  yang juga Kepala KSOP Kelas I Dumai itu, dinilai piawai untuk mempersatukan ke-5 puak batak dengan tanpa memandang agama maupun adat istiadat yang berbeda. Semua bersatu, kompak dan rukun dalam wadah RBB.

Di acara malam puncak HUT RBB ke-12, di Gedung PSMTI Rawasari, Tanjungpinang, Sabtu (19/10/2019) kemarin malam, Sanggam Simamora dalam sambutannya, menyebut bahwa ke-5 puak batak, yaitu puak Toba, puak Simalungun, puak Mandailing, puak Karo dan puak Pakpak bersatu dalam wadah Rumpun Batak Bersatu (RBB) Tanjungpinang.

Sebagaimana diketahui, kepemimpinan Sanggam Simaora di RBB, baru berjalan 3 tahun ini. Sebelumnya, ke-5 puak batak sempat membuat organisasi sendiri berdasarkan puak masing-masing. Namun sejak Sanggam Simamora menjabat ketua RBB, ia mampu marajut perbedaan yang ada untuk bersatu dalam ikatan darah batak di organisasi RBB.

Sanggam pun mengucapkan banyak terimakasih kepada sesepuh, para tokoh dan penetua adat ke-5 puak batak yang turut memberikan sumbangsih pemikiran, tenaga dan waktu dalam mempersatukan ke-5 puak batak dalam wadah RBB.

Kepala KSOP Kelas I Dumai Sanggam Marihot Simamora (kedua dari kanan) saat menerima penghargaan Pelayanan Prima Sektir Transportasi dari Kemenhub Ri
Kepala KSOP Kelas I Dumai Sanggam Marihot Simamora (kedua dari kanan) saat menerima penghargaan Pelayanan Prima Sektir Transportasi dari Kemenhub Ri

Sanggam menyebut populasi orang batak di Tanjungpinang cukup besar. Ia mengatakan jumlah orang batak saat ini berkisar 15 ribu jiwa di kota Tanjungpianang. “Semoga kebersamaan dan kerukunan ini tetap terjalin dengan baik hingga di masa mendatang,” pesan Sanggam.

Tidak sampai disitu, suami drg. Erika Huatahaen itu, juga mampu memberikan kehangatan kepada warga batak di Tanjungpinang dengan terus eksis melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan baik duka dan suka dilingkungan warga batak.

Eksistensi RBB di kepemimpinan Sanggam Simamora, juga dapat dirasakan dari peran aktif RBB dalam pembangunan Tanjungpinang yang terus tampil bersama-sama organisasi atau paguyuban suku-suku melalui kegiatan seni dan budaya di Kota Tanjungpinang.

Selain itu, dari catatan suluhkepri.com, sebelumnya RBB juga pernah melaksanakan bhakti sosial pengobatan gratis untuk pemeriksaan mata, jantung, kulit serta kesehatan tubuh, dan kegiatan senam sehat, yang dilaksanakan pada Mei 2017 lalu, di SMA PGRI Tanjungpinang, Jl. Kijang Lama Bt 6.

Ketua RBB Sanggam Simamora dan istri saat menyerahkan kue Ultah RBB ke-12 kepada Wali Kota Syahrul

Terkait kegiatan dalam rangkaian HUT RBB ke-12, secara khusus Sanggam menyampaikan kepada Wali Kota Syahrul. Ia menjelaskan bahwa sebelum acara malam puncak HUT RBB ke-12, RBB juga telah melaksanakan berbagai kegiatan. Yaitu bhakti sosial dan lomba vokal trio batak.

“Pada 10 Oktober 2019 lalu, kita sudah melaksanakan bhakti sosial melalui pengobatan gratis seperti pemeriksaan mata, jantung dan kuki, serta kegiatan lomba vokal trio batak, di TCC Tanjungpinang. Dan, pada malam puncak ini kita juga menyelenggarakan pementasan seni dan budaya batak yang menampilkan seni budaya ke-5 puak batak,” ujar Sanggam.

Ia menambahkan pihak panitia HUT RBB ke-12, pada malam ini juga mendatangkan artis trio batak dari Jakarta yaitu Trio Elexis bersama pelawak Mery Sinaga yang diharapakan dapat menghibur warga batak yang berdomisili di kota Tanjungpinang.

“Saya berharap kegiatan di malam puncak HUT RBB ke-12 pada malam ini, seperti pementasan seni budaya ke-5 puak batak dan hiburan artis batak bisa menghibur kita pada malam hari,” kata Sanggam. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here