Sekda Bintan Buka Kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Partai Politik

Tanjungpinang
Sekda Bintan Adi Prihantara

Bintan – Sekertaris Daerah Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM membuka secara resmi kegiatan bimtek pengeloaan pertanggungjawaban keuangan partai politik tahun anggaran 2019, acara dilaksanakan di Ballroom Lohas Villace, Km.23 Toapaya, (5/11) pagi.

Kabid Politik Bakesbangpol Siti Harjani .S.Sos dalam laporannya menyampaikan bahwa bimtek ini diselenggarakan dalam rangka tertib administrasi keuangan laporan pertanggungjawaban (LPJ) bantuan keuangan partai politik.

Mwnurutnya, keuangan partai politik telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 36 tahun 2018 tentang tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik wajib membuat laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan dari dana bantuan APBD.

Adapub peserta diikuti 32 orang dari pengurus partai politik Kabupaten Bintan yang terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris dan anggota, antara lain, DPD Partai Golkar 4 orang, DPC partai Demokrat 4 orang, DPD PKS 4 orang, DPC PDIP 4 orang, DPD partai Nasdem 4 orang, DPC partai Garindra 4 orang dan DPC partai Hanura 4 orang.

Sekda bintan bersama peserta bimtek

Sementara itu, Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM saat memberikan sambutan mengatakan bahwa bimbingan teknis pengeloaan pertanggungjawaban keuangan partai politik merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan kepada partai politik tentang bagaimana tata kelola bantuan keuangan yang bersumber dari APBD Kabupaten Bintan.

Perlunya peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas yang sesuai dengan tuntutan dan dinamika perkembangan masyarakat, menjadikan partai politik yang menerima bantuan keuangan harus mampu menyiapkan berkas pengajuan kelengkapan administrasi secara lebih berkualitas.

“Mewujudkan Good Governance di kabupaten bintan, para pengurus partai politik harus mampu dan dapat menyusun laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta tepat waktu setiap tahunnya,” ungkapnya. (mcb/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here