DPRD Tanjungpinang Gelar Paripurna Penyampaian KUA PPAS APBD 2020

Tanjungpinang
Rapat paripurna KUA PPAS APBD Tanjungpinang 2020 di Kantor DPRD Tanjungpinang, Senin (11/11/2019)

Tanjungpinang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang menggelar rapat paripurna terbuka: Penyampaian Rancangan Nota Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua I Ade Angga yang didampingi Wakil Ketua II Hendra Jaya. Rapat digelar di Ruang Rapat Utama, Kantor DPRD Tanjungpinang, Senggarang, Senin (11/11/2019).

Rapat paripurna dihadiri Wali Kota dan Walik Wali Kota Tanjungpinang Syahrul dan Rahma, serta anggota DPRD Tanjungpinang, dan para kepala OPD.

Dalam sambutannya, Wali Kota Syahrul mengatakan penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2020 merupakan bagian dari siklus pengelolaan daerah yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pidato Wali Kota Syahrul di rapat paripurna KUA PPAS APBD Tanjungpinang 2020 di Kantor DPRD Tanjungpinang, Senin (11/11/2019)

Menurut Syahrul, Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) Tahun 2020 yang telah disusun, merupakan upaya dalam menjaga kesinambungan pembangunan.

“Penyusunan kebijakan umum ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan tematik, holistik, integratif serta kebijakan anggaran berdasarkan Money Follows, yang dapat diartikan bahwa program benar-benar bermanfaat, bukan sekedar karena tugas fungsi perangkat bersangkutan,” papar Wali Kota Syahrul.

Ia mengatakan rencana anggaran APBD Kota Tanjungpinang dinilai terbatas dengan komposisi penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. “Pemerintah Kota Tanjungpinang dan DPRD bertanggungjawab untuk memastikan APBD dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif,” ujarnya.

Syahrul menjelaskan, jika arah kebijakan keuangan daerah difokuskan untuk mengatasi masalah-masalah mendasar yang menjadi prioritas pembangunan daerah pada tahun 2020.

Penyerahan nota KUA PPAS APBD Tanjungpinang 2020

Diantaranya, soal kualitas dan pemerataan akses mutu pendidikan dan kesehatan, sektor pariwisata khususnya wisata budaya/religi, bahari dan kuliner sebagai motor penggerak perekonomian Kota belum dikelola secara optimal.

Kemudian penanganan kawasan kumuh perkotaan yang spesifik dan komperhensif, penanganan pengelolaan drainase secara tepat sasaran guna mengantisipasi banjir, dan pengembangan kearifan lokal Tanjungpinang sebagai referensi pengembangan budaya.

Selanjutnya, pemerhatian kuantitas dan kualitas ruang terbuka hijau (RTH) yang ramah anak, perempuan, lansiran dan penyandang disabilitas, pengelolaan persampahan dan lingkungan hidup yang masih kurang optimal, termasuk dalam pengelolaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Ganet.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Syahrul juga menyampaikan perkiraan angka rancangan APBD tahun 2020, yaitu sebesar 997,9 miliyar dengan rincian, Plpendapatan daerah 970,15 miliyar, belanja daerah 997,9 milyar dan pembiayaan daerah sebesar 27,70 miliyar yang merupakan penerimaan pembiayaan daerah.

“Penyusunan rencana kegiatan dan anggaran merupakan variabel pembentuk komposisi RAPBD Kota Tanjungpinang yang diharapkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan,” kata Syahrul.

Diakhir paripurna dilakukan penyerahan dokumen rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun 2020 oleh Walikota bersama Wakil Walikota Tanjungpinang kepada Pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua I Ade Angga, didampingi Wakil Ketua II Hendra Jaya. (hms/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here