Apri Beber Capaian Pembangunan Jalan di Kabupaten Bintan Tahun 2019

Tanjungpinang
Bupati Apri Sujadi saat meninjau salah satu pembangunan jalan di Bintan

Bintan – Pembangunan infrastruktur termasuk program prioritas Apri Sujadi sebagai Bupati Bintan di periode pertama, 2016-2021. Diantaranya pembangunan jalan untuk akses kebutuhan warga.

Bupati Apri menyebutkan di tahun 2019 lalu, Pemkab Bintan telah melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan diberbagai tempat di wilayah kabupaten Bintan.

“Di tahun 2019 lalu, kita sudah membangun jalan sepanjang 21,153 kilometer, kemudian perkerasan jalan 8,794 kilometer, dan pemeliharaan berkala sepanjang 4,444 kilometer,” kata Bupati Apri, pekan lalu.

Program pembangunan infrastruktur sebut Apri, memang menjadi program prioritas Pemkab Bintan selama 5 tahun ini. Jalan menurut Apri sangat dibutuhkan masyarakat sebagai akses transportasi dan sirkulasi perekonomian terutama di pedesaan.

“Jalan itu kan untuk membuka dan mempermudah akses untuk kebutuhan warga, dan tersambungnya warga ke berbagai tempat yang sekaligus dapat memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah,” kata Apri.

“Maka kita lakukan pembangunan jalan yang dikerjakan langsung oleh Dinas PU dan Tata Ruang Bintan, termasuk pemeliharaan jalan sebagai upaya menjaga kualitas jalan demi kenyamanan disaat berkendara,” ujarnya.

Apri menjelaskan Pemkab Bintan akan terus melanjutkan program pembangunan dan pemeliharaan jalan di tahun-tahun berikutnya. “Tentu kami akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan sesuai dengan kebutuhan warga dan resiko-resiko berkendara,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Apri juga menghimbau warga untuk segera menginformasikan jika ada menemukan kerusakan jalan. “Kan faktor kerusakan jalan bisa saja karena beban yang tidak seimbang sehingga menyebabkan jalan bergelombang atau berlubang. Ini kalau dibiarkan sangat berbahaya bagi warga selaku pengguna jalan,” katanya mengingatkan.

Nanti, sambung Apri, dari laporan itu akan ada tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bintan yang turun ke lapangan dan akan secepatnya melakukan penanganan atau perbaikan.

“Kami berharap peran serta warga untuk langsung melaporkan bila ada jalan rusak bergelombang dan berlubang, bisa ke Dinas PU dan Tata Ruang, atau ke kantor desa setempat, agar jalan yang rusak itu cepat-cepat ditangani untuk diperbaiki lagi,” jelas Bupati Apri. (Tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here