Cegah Wabah Corona, Syahrul dan Rahma Bagi-bagi Masker ke Warga

Tanjungpinang
Syahrul saat membagikan masker ke pedagang di pasar bintan center km 9

Tanjungpinang – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk tindakan pencegahan penularan virus corona atau Covid-19, agar tidak menjangkiti warga.

Diketahui masker salah satu alat pelindung diri yang sangat dibutuhkan warga sebagai penutup hidung dan mulut yang dapat bermanfaat untuk mencegah penularan virus.

Sejak virus corona merebak hingga ke berbagai daerah di Indonesia, masker termasuk yang paling dicari warga, namun masker seketika langka di pasaran, dan kalaupun ada, harganya melambung dan tidak wajar. Kondisi ini hampir terjadi di semua daerah.

Nah, melihat fenomena ini, Syahrul dan Rahma, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang itu, bergerak membagi-bagi masker gratis kepada warga. Seperti yang dilakukan pada Kamis (26/3), di Pasar Bintan Center, Tanjungpinang.

Syahrul saat meninjau sarana pencuci tangan

Tampak Syahrul dan Rahma membagi-bagi masker kepada seluruh pedagang dan warga di sekitar pusat perbelanjaan masyarakat itu. Syahrul mengatakan pembagian masker tersebut sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ayah Syahrul, panggilan akrab walikota itu, menyebutkan dipilihnya pasar sebagai sasaran bagi-bagi masker karena pasar termasuk tempat yang ramai dikunjungi warga. Pasar adalah pusat keramaian, karena setiap hari ramai orang hilir mudik, untuk berbelanja.

Dalam kesempatan itu, Syahrul dan Rahma juga tampak berbincang-bincang dengan pedagang. Keduanya pun berpesan agar masyarakat yang mengunjungi pasar, hingga pengguna akses kendaraan umum untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan diri.

“Kami mengimbau kepada warga, para pedagang dan pembeli atau masyarakat pengguna pasar dan pengendara umum agar menjaga kesehatan, berhati-hati dan cuci tangan bersih serta selalu memakai masker,” pesan Ayah Syahrul.

Ayah Syahrul kembali mengingatkan agar warga menghindari kerumunan massa dan tidak melakulan kegiatan yang mengumpulkan orang ramai. Karena, virus akan mudah menular di tempat-tempat keramaian.

Imbaun untuk itu sudah dikeluarkan oleh Pemko Tanjungpinang. Ia mengatakan petugas dari Sat Pol telah diperintahkan untuk melakukan pemantauan.

“Kami sudah membuat imbauan itu, untuk tidak ada kerumunan massa dan InsyaAllah nanti akan kami pantau apabila masih ada keramaian, nanti ada mobil Satpol PP yang selalu keliling untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain membagikan masker, Syahrul dan Rahma juga melakukan peninjauan sarana pencuci tangan yang ditempakan dibeberapa fasilitas umum. Seperti sarana pencuci tangan yang berada di pasar Bintan Center.

“Sarana ini akan terus dipantau oleh Satpol PP dan BPBD untuk pasokan air bersih serta akan diletakkan juga dibeberapa fasilitas umum seperti di Pasar Baru 1 dan 2, Pasar Potong Lembu dan Pasar KUD, ini tidak menutup kemungkinan akan disebarkan ke beberapa tempat lainnya, dengan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini,” ungkap Syahrul.

Syahrul juga mengimbau seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang agar tetap berada di rumah, kecuali ada keperluan penting ke luar. “Lakukan aktivitas positif di rumah, tetap jaga kesehatan dan perbanyak beribadah agar kita semua terhindar dari virus Corona atau Covid-19 ini,” pungkas Syahrul. (Humpro tpi/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here