Perangi Corona, Apri Keluarkan Kebijakan Penyemprotan Disinfektan Massal

Tanjungpinang
Apri (di atas mobil) dan petugas sedang melakukan penyemprotan disinfektan di permukiman penduduk

Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19, akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal.

Bupati Apri Sujadi mengatakan kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menghambat penyebaran pandemi virus corona. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan dari atas mobil karena menggunakan peralatan mesin semprot yang lebih besar.

“Ini suatu langkah dimana kita menggunakan mobil penyemprot cairan disinfektan guna menangani wabah virus Corona khususnya fokus di kawasan rumah-rumah padat penduduk ” ujarnya saat di perumahan Tokojo, Kijang, Kamis (26/3) pagi .

“Kebijakan (spraying the virus) yang kami lakukan ini sebagai langkah pencegahan virus corona, dan upaya melindungi warga dari penyebaran virus ini,” Apri menambahkan.

Apri bersama jajaran petugas pencegahan covid-19, berada diatas mobil penyemprot disinfektan.

Apri menyebutkan penyemprotan akan dilakukan di titik-titik beresiko. Sasaran utama adalah fasilitas umum, seperti pasar, perkantoran, rumah ibadah, pelabuhan, serta kawasan pertokoan dan permukiman padat penduduk.

Menurutnya selain menyasar pasar-pasar rakyat, penyemprotan juga akan dilakukan ke rumah-rumah penduduk. Beberapa titik yang menjadi fokus perhatian, sebut Apri, meliputi lima wilayah kecamatan di kabupaten Bintan.  Antara lain, kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara, Toapaya, Gunung Kijang dan Kecamatan Sri Kuala Lobam.

Apri pun meminta partisipasi bersama dari warga. Ia berharap warga dapat menghindari lokasi titik penyemprotan, menutup sementara dagangan/toko, pintu dan jendela rumah. Serta menyimpan semua makanan dan minuman di tempat yang lebih aman.

Ia mengatakan kegiatan penyemprotan tidak berlangsung lama, dan setelah itu dapat beraktifitas kembali seperti biasa. “Jadi tetap tenang dan bersabar selama penyemprotan berlangsung, karena kebijakan ini saya ambil sebagai langkah sterilisasi pencegahan virus corona,” ujarnya.

Imbauan bupati bintan terkait penyemprotan massal

Apri menyampaikan ini agar kegiatan tersebut diketahui khalayak ramai. Penyemprotan akan dilakukan beberapa hari kedepannya, dan dengan melibatkan unsur kepolisian dan TNI. “Kita bersama-sama bergerak, dengan Polres Bintan dan unsur TNI tentunya akan bersama-sama guna mencegah dan mewujudkan Bintan ‘Zero Corona Virus’,” kata Apri.

Ia pun meminta para petugas agar dapat mempersiapkan diri, seperti alat pelindung diri, dan peralatan lain yang dibutuhkan.  Dan, sebelum penyemprotan agar dilakukan sosialisasi terlebih dulu.

Kepada warga, Apri kembali meminta partisipasinya, karena tanpa dukungan warga akan bisa menghambat kegiatan penyemprotan disinfektan di lapangan. “Kita minta dukungan dari seluruh warga Bintan, yaitu dengan mematuhi anjuran petugas di lapangan, karena penyemprotan massal ini untuk kepentingan kita bersama” imbau Apri. (Tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here