Apri Minta Gugus Tugas Transparan Kelola Anggaran Covid-19 Bintan

Tanjungpinang
Apri saat memimpin rapat gugus tugas covid-19 bintan

Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan akan menggelontorkan dana sebesar Rp 53 milyar dari APBD 2020, untuk program recovery ekonomi masyarakat kecil yang terdampak virus corona. Bupati Apri Sujadi meminta Gugus Tugas Covid-19, menerapkan skema transparansi dalam pengelolaan anggaran.

Transparansi diperlukan agar publik bisa mengawasinya, sehingga program recovery ekonomi berjalan baik dan dana yang dialokasikan dapat digunakaan sesuai peruntukannya, untuk penanggulangan masalah kesehatan serta jaminan sosial masyarakat yang ekonominya terganggu akibat wabah corona.

Apri menegaskan itu ketika memimpin Rapat Gugus Covid-19 di Kantor Bapelitbang, Minggu (5/4/2020) siang. “Saya sudah minta kepada satuan Gugus Tugas, agar penggunaan alokasi Rp 53 milyar ini harus jelas dan transparans, dengan melibatkan pihak-pihak hukum yang berlaku terkait dengan regulasinya,” ujarnya.

Bupati apri saat memimpin rapat tim gugus covid-19 kabupaten bintan

Terkait itu, Apri meminta seluruh lapisan masyarakat hendaknya saling mendukung dan menciptakan iklim yang positif untuk percepatan penanganan virus corona.

Dia juga menyampaikan telah mengingatkan petugas lapangan yang diberikan tanggungjawab, agar menjalankan kewajiban secara bersungguh-sungguh, dan transparan kepada masyarakat sehingga alokasi dana yang ditempatkan bisa maksimal dan berdaya guna.

“Saya sudah minta kepada tim Gugus Covid -19 Bintan, agar dibuatkan skema tentang bagaimana alokasi Rp 53 milyar yang kita siapkan bagi masyarakat ini bisa transparan sehingga nantinya tidak menimbulkan stigma yang negatif dimasyarakat,” ujarnya.

Bupati apri ikut langsung melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus rantai penyebaran virus

“Penggunaan alokasi anggaran ini juga harus melibatkan penegak hukum sehingga apa yang dikeluarkan sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” ia kembali mengingatkan.

Dalam kesempatan itu, Apri turut menyampaikan apresiasi kepada para pengusaha Bintan yang telah tanggap dan ikut berperan serta dalam memberi dukungan untuk penanganan covid-19. Mereka bahkan secara sukarela berinisiatif menggalang dana bagi penanganan wabah Covid 19.

Informasi yang diterima Apri, para pengusaha di Bintan tergerak hatinya untuk membantu penaggulangan covid-19, dengan melakukan penggalanagan dana, dan sudah berhasil mengumpulkan dana Rp 1 milyar.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ke permukiman warga bintan dalam upaya pencegahan corona

“Kemarin saya dapat laporan bahwa dari pengusaha perikanan sudah mengumpulkan hampir 1 milyar rupiah dana sukarela bagi penanganan wabah Covid 19 ini. Tentunya sangat kita apresiasi ditengah perekonomian yang lesu saat sekarang,” Apri memberi apresiasi.

Menurut Apri, memang di saat-saat sekarang ini, ditengah wabah corona, sangat diharapkan seluruh sektor harus bersatu serta harus saling mendukung dan bahu membahu, agar wabah virus Covid 19 ini dapat segera terselesaikan. (Mcb/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here