Pemprov Kepri Salurkan Bansos Mulai Pekan Depan ke Kabupaten/Kota

Tanjungpinang
Sekdaprov Arif Fadillah

Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepri akan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Berdasarkan MoU dan PKS (perjanjian kerjasama), bantuan akan disalurkan melalui kabupaten/kota di wilayah provinsi Kepri.

“Provinsi akan berkaloborasi dengan Kabupaten/Kota untuk mulai membagikan bantuan sosial menyangkut dampak ekonomi maupun dampak-dampak yang ditimbulkan akibat Covid-19,” ujar Sekdaprov Arif Fadillah di Rapat Video Confrence terkait Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Dampak COVID-19, di Rupatama Lantai 4 Dompak, Tanjungpinang, Kamis (7/5).

Rapat persiapan tersebut tampak dalam vidcon Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syamsul Bahrum, Asisten Adminitrasi Umum M Hasbi, Sekda Batam Jefridin , Sekda Tanjungpinang Teguh Ahmad, Sekda Kep Anambas Sahtiar, Sekda Lingga Juramadi Eskram, Sekda Karimun M Firmansyah, Kadis Perindag Natuna Agus Supardi, Asisten Pemerintahan Bintan Mohd Setioso beserta sejumlah Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau.

Pihak Provinsi sedang menunggu data-data yang belum masuk, sebab data bantuan sosial itu ada yang dari Kabupaten/Kota.

“Rencana kebijakan Plt Gubernur ini, kita satukan irama dan bergerak cepat, agar dapat disalurkan yang terdampak Pandemi Covid-19 dengan disepakati dengan Mou dan PKS. Data harus sinkron sesuai dengan arahan KPK, supaya tidak ada masalah ketika dilakukan pemerikasaan nantinya,” ungkap Arif.

Selain itu, Arif juga meminta Kabupaten/Kota  untuk segera melaporkan data terbaru penerima bantuan sosial tersebut ke pemerintah provinsi. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyaluran bantuan yang ada.

Data masyarakat ini, kata Arif jangan berubah. Karena itu dia minta tum teknis harus melakukan update data dan laporkan segera. Agar tidak tumpang tindih dengan masyarakat yang sudah dapat bantuan APBN

Lebih lanjut, guna mendukung penyaluran tersebut. Arif mengatakan segera mempersiapkan bantuan untuk masyarakat ini agar mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak Corona.

“Kami harap bantuan sosial itu segera dibagikan apalagi kita yang sebentar lagi lebaran dengan daerah yang geografisnya pulau pulau. Dan pendistribusian ini bisa diakomodir dengan baik,” kata Arif.

Mengakhiri rapat tersebut, Arif menyimpulkan hari senin (13/5) akan dilaksanakan MoU Gubernur bersama Bupati/Walikota. Setelah MoU Gubernur bersama Bupati/Walikota dilanjutkan PKS Kepala Dinas Perindag Provinsi bersama Dinas Kabupaten/Kota. Nantinya tim koordinator wilayah setiap daerah yang ditunjuk untuk masing masing Kabupaten/Kota melalui SK Gubernur yaitu di Batam Kadis Pariwisata dan Kadis Perindag, Tanjungpinang Kadis Sosial dan Kadis PMD, Karimun Karo Kesra dan Kadis Perindag, Bintan Kadis Koperasi dan UMKM, Lingga Plt Kadis Kelautan dan Perikanan, Natuna Kasatpol PP dan Kadis Perindag Natuna, Anambas Kadis Pertanian. (red)

Sumber: biro humprohub kepri

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here