Dharma Wanita Harus Terus Berkarya dan Berkontribusi di Tengah Pandemi Corona

Tanjungpinang
Pemprov

Tanjungpinang – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kepri, Meri Isdianto menyampaikan arahan ketua umum DWP pusat Erni Tjahjo Kumolo. Anggota DPW diminta terus aktif, berkarya dan memberi kontribusi nyata di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Arahan itu disampaikan Erni saat membuka acara halal bihalal DWP se-Indonesia secara virtual. Karena di tengah pandemi Covid-19, Ketum DPW berpesan agar ibu-ibu di DPW lebih fokus pada perlindungan keluarga di rumah.

“Ibu Ketum meminta agar DWP dapat tetap berkarya untuk sesama, namun di tengah pandemi ini secara khusus kita utamakan untuk anggota keluarga di rumah, apalagi peran Ibu dalam keluarga menjadi kunci,” katanya di Rupatama Lt.4, kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (4/6).

Menurut Meri halal bihalal sangat penting karena untuk menjalin silaturahmi yang baik sesama anggota sekaligus menjadi ajang bertukar pikiran dalam berbagai hal perkembangan seperti langkah-langkah pencegahan Covid-19 hingga pelaksanaan fase new normal.

“Di sini kita bisa sharing, apa yang perlu dilakukan ketika kondisi pandemi tengah melanda saat ini, harus tetap produktif,” lanjut Meri.

Dalam acara halal bihalal DPW, Erni berharap jajaran DPW di daerah tetap berkontribusi meski lebih banyak berada di rumah sesuai arahan anjuran pemerintah. Ia mengatakan dalam menjalankan Stay Home diharapkan juga fokus pada program-program apa saja yang dapat dilaksanakan.

“Salah satunya adalah parenting, bagaimana mendidik anak serta mengedukasi mereka terkait kondisi pandemi ini,” lanjut Erni.

Selain itu Erni juga meminta anggota DPW berperan dibidang ekonomi, lewat berbagai kreativias yang bermanfaat untuk ketahanan ekonomi keluarga di tengah pandemi.

Selanjutnya terkait pelaksanaan fase new normal atau tatanan kehidupan di tengah pamdemi Covid-18. Ia mengharapkan anggota DWP dapat berperan aktif setidaknya sosialisasi protokol kesehatan terutama kepada anggota eluarga, serta masyarakat khususnya kaum ibu-ibu.

“Saat ini dan setelah ini yang paling penting adalah protokol kesehatan, apa yang harus di hadapi saat fase new normal juga harus di berikan edukasi kepada keluarga kita,” pungkasnya.

Tidak hanya silaturahmi, halal bihalal DWP Virtual yang dihadiri oleh seluruh jajaran DWP perwakilan Provinsi se Indonesia juga di isi dengan ceramah agama serta sosialisasi dan diskusi, dengan mengundang narasumber yakni Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Ahmad Yulianto selaku Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang menyampaikan informaai terkait tatanan new normal yang produktif dan aman ditengah pandemi covid-19.

“Kami merasa terhormat dapat hadir dalam agenda hari ini, karna kami berada di salah satu kunci penanggulangan covid-19 secara nasional yaitu kaum ibu,” kata Ahmad.

Ahmad melanjutkan bahwa kaum ibu berperan vital, karna menjadi agent of change untuk mengubah perilaku anggota keluarga. Paparan sendiri membahas tentang: 1. Peran Kaum Ibu; 2. Apa itu Covid-19 (agar tahu bagaimana mengecegahnya); 3. Bagaimana menjalankan kehidupan berdampingan dengan Covid-19 dan 4. Bagaimana harus tetap produktif.

Kemudian, Ketua DWP Kepri, Rismarini Arif juga mengapresiasi dengan adanya agenda halal bihalal ini, sehingga agenda sosialisasi didalamnya dapat memberikan ilmu bermanfaat bagi seluruh anggota di daerah.

“Dari sosialisasi terkait fase new normal tadi kita menjadi paham dan bisa menjadi perpanjangan tangan untuk menyampaikannya kepada anggota lainnya, juga keluarga dan juga masyarakat,” kata Risma.

sumber humprohub kepri

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here