Bintan Salurkan BLT Tahap II Terdampak Covid-19, Ada 6.330 Data Susulan yang Terima Rp 1,8 Juta per KK

Tanjungpinang
Bupati Apri Sujadi saat turun ke lapangan membagikan BLT terdampak covid-19 secara door to door di kelurahan tembeling yang disejalankan dengan penyerahan sertifikat tanah warga dari program prona

Bintan – Masyarakat Bintan boleh bergembira menyambut distribusi bantuan langsung tunai (BLT). Sebab, hari ini Senin (15/06/2020), Pemkab Bintan kembali menyalurkan BLT tahap kedua untuk warga terdampak virus corona atau Covid-19.

Di tahap kedua ini ada 3 kategori penerima bantuan. Yaitu kelompok warga yang menerima Rp 600 ribu per kepala keluarga (KK), atau untuk bulan Juni. Berjumlah 26.817 KK. Mereka sebelumnya yaitu di tahap pertama telah mendapatkan Rp 1,2 juta, atau untuk bulan April dan Mei, sehingga total yang diterima Rp 1,8 juta atau selama 3 bulan.

Sedangkan kelompok kedua menerima lebih besar yaitu Rp 1,8 juta karena untuk 3 bulan (April, Meii dan Juni) sekaligus, sebanyak 6.330 KK. Mereka ini adalah kelompok dengan data susulan, yang sebelumnya tidak mendapatkan BLT di saat pembagian tahap pertama.

Bupati Apri Sujadi saat turun ke lapangan membagikan BLT terdampak covid-19 secara door to door

Kemudian 4.635 KK penerima BLT dari kelompok PKH yang mendapat subsidi Rp 400 ribu per bulan/kk selama 3 bulan ini. Yang terkahir penerima dengan kategori pusat sebanyak 4.528 KK, yang juga menerima bantuan Rp 600 ribu per KK.

”Semoga bantuan yang dikucurkan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Bupati Bintan Apri Sujadi disela-sela pembagiaan BLT, yang dilakukan secara door to door atau langsung diantarkan ke rumah-rumah warga, di Bintan, Senin (15/06/2020). Apri sendiri turun langsung membagikan BLT ke warga.

Ia menambahka untuk tahap kedua ini setidaknya Pemda Bintan mengucurkan 32,15 milyar rupiah yang terdiri atas Rp 11,4 milyar untuk 19.149 KK yang bersumber dari dana APBD Bintan, kemudian Rp 4,6 milyar bagi 7.668 KK berasal dari APBDes, Rp 1,85 milyar dari APBD untuk subsidi PKH, dan Rp 11,3 milyar untuk data susulan sebanyak 6.330 KK yang anggarannya dari APBD Bintan.

Bupati Apri Sujadi saat turun ke lapangan membagikan BLT terdampak covid-19 secara door to door

Besarnya perhatian Bupati Apri dalam pemberian bantuan sosial terhadap rakyatnya ditengah situasi sulit pandemi Covid-19, mendapat pujian dari masyarakat luas. Tak hanya itu, masyarakat sangat merasakan perubahan selama Apri memimpin kabupaten Bintan. Terutama kaum emak-emak.

“Pak Apri punya banyak program dan Inovasi sejak menjadi Bupati Bintan. Kami sangat menikmati berbagai kemudahan dari pemerintahannya. Seperti baju seragam gratis untuk anak sekolah, BPJS subsidi, kesehatan gratis dan pendidikan gratis, termasuk program sertifikat tanah gratis. Pokoknya banyak programnya, belum lagi seperti BLT ini. Kami bahagia dengan program-program Pak Bupati Apri” ujar Rani yang sehari-hari mengurusi rumah tangga.

Terkait BLT kedua tersebut, Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan pembagian BLT tahap kedua ini sekaligus tahap akhir penyaluran bansos selama tanggap darurat Covid-19. Apri Sujadi lalu berpesan kepada warga agar benar-benar menggunakan uang yang diterima sebaik mungkin terutama untuk keperluan keluarga sesuai skla prioritas..

Pembagian BLT secara door to door

“Gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan keluarga, kami sangat memahami kondisi warga saat ini,” pesan Apri Sujadi disela-sela pembagiaan BLT, yang dilakukan secara door to door atau langsung diantarkan ke rumah warga penerima. Apri sendiri turun langsung membagikan BLT ke warga.

Selain distribusi BLT, ada juga penyerahan sertifikat tanah prona di Kelurahan Tembeling. Sertifikat hak milik itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Apri bersama pihak BPN.

“Sebenarnya dari kemarin kami ingin membagikan sertifikat ini, tapi karena Covid-19 kita tunda dan hari ini waktu yang baik kita bagikan kepada warga pemilik tanah” ucap Apri Sujadi. (***)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here