Dalam Perbaikan, Jembatan Kangboi Bintan Akan Ditutup Mulai 17 Juli Hingga 31 Desember 2020

Tanjungpinang

Bntan – Jembatan Kangboi Bintan yang merupakan jembatan penyeberangan menuju Tanjunguban sedang dalam tahap perbaikan. Untuk kelancaran pekerjaan dan arus lalu lintas, pengguna jalan dialihkan lewat jalur lintas timur.

Penutupan jembatan akan dimulai pada 17 Juli sampai 31 Desember 2020 ini. Saat ini bahkan sudah dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas yang disejalankan dengan penempatan papan plang petunjuk yang dilakukan oleh beberapa instansi.

Diantaranya, Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kepulauan Riau, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bintan, PT. Nikita Polainti Karya serta Konsultan Supervisi PT. Surya Praga.

Kepala Balai Pelaksanaan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau melalui Staf Teknis Perbaikan, Hermawan mengatakan, selama perbaikan oprit (pelat injak pendekat) jembatan, rute akan dialihkan ke jalan lama Tanjung Uban.

Mendukung pengalihan jalur tersebut, Kordinator Lapangan (Korlap) dari BPJN, Dishub Bintan bersama Satlantas Polres Bintan sudah menempatkan 11 papan plang petunjuk di beberapa jalur yang dirasa perlu.

Yakni, simpang Ceruk Ijuk, simpang Tembeling, Jalur jalan lama, Batu 42, Simpang Jalan Demang Lebar Daun, Jalan utama menuju Perkantoran Pemkab Bintan, dan terkahir Jalan Lintas Barat.

“Penempatan papan plang petunjuk ini agar masyarakat didaerah lain yang tidak tau rute jalan lama ini menjadi terbantu,” ucapnya, Senin (13/07), dikutip katakepri.com

Menurut Hermawan, penyebab utama yang mengharuskan oprit jembatan tersebut diperbaiki karena adanya jarak yang cukup tinggi antara oprit dan jembatan yang disebebkan struktur tiang pancang yang turun

Ditjen BPJN Kepri bersama Pihak Pelaksana dan konsultan berkordinasi dengan Pihak Dishub Bintan serta Satlantas Polres Bintan lakukan upaya uji rekayasa lalu lintas selama perbaikan jembatan Kangboi)

“Yang kita perbaiki pertama disini ialah tiang pancangnya, dimana untuk menghindari turunnya kembali struktur tiang tersebut akan kita gunakan tiang pancang kaki seribu (istilah orang awam) guna meperkokoh hingga 50 tahun,” katanya.

“Sementara untuk opritnya sendiri akan kita lakukan penambahan panjang masing-masing 75 meter ke arah Uban dan 75 meter ke arah Tanjungpinang serta pengaspalan 500 meter. Jadi Total perbaikannya Rp. 12 miliar,” tambah Hermawan lagi.

Hermawan memperediksi batas waktu yang sudah disepakati bersama antara Pemkab, BPJN dan Kontraktor yang jatuh pada 15 Januari 2021 bisa tercapai.

“Melihat tidak ada lagi kendala, bahan dan alat sudah ada serta rekayasa yang berjalan lancar dapat dipastikan sebelum batas waktunya renovasi jembatan ini sudah selesai,” katanya.

Hermawan berharap setelah oprit jembatan Kangboi ini selesai diperbaiki dan bisa dilewati kembali, hendaknya pengendara membatasi kapasitas bawaannya.

“Untuk kendaraan-kendaraan besar itu saya rasa perlu pembatasan,” pungkasnya. (***)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here