Tanjungpinang Cetak Rekor Baru Kasus Corona, Hari Ini Bertambah 37 Orang

Tanjungpinang
Plt. Wali kota tanjungpinang rahma

Tanjungpinang – Gugus Tugas Covid-19 Tanjungpinang kembali mengkonfirmasi data terbaru kasus virus corona atau Covid-19, per harii ini Sabtu (1/8).

Terjadi lonjakan sebanyak 37 kasus baru positif corona, jumlah yang tak pernah terjadi sebelumnya, yang sekaligus mencetak rekor baru angka tertinggi yang pernah dialami dalam sehari, sejak Covid-19 menginfeksi Tanjungpinang.

Data terbaru ini disampaikan Plt. Wali Kota Tanjungpinang Rahma melalui pers rilisnya, hari ini. “Pada hari ini Sabtu, 01 Agustus 2020, kami sampaikan penambahan 37 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Tanjungpinang dengan kode kasus No. 35 sampai dengan No. 71,” sebut Rahma.

Kasus baru tersebut diketahui setelah hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR diterima pihaknya dari BTKL PP Batam, hari ini. Data terbaru ini termasuk hasil dari lanjutan tracing yang kontak erat dengan kasus nomor 33.

Rahma menyebutkan tambahan kasus baru ini disumbang dari beberapa klaster. Dari klaster Bhayangkara Batam tercatat penyumbang tertinggi dengan angka 19 kasus, diisusul klaster Pemrov Kepri sebanyak 12 kasus.

Kasus lainnya, berasal dari klaster Brigjen Katamso berjumlah 2 orang, kemudian 2 pasien dari Jln Pramuka, kelurahan Tanjung Ayun Sakti, serta 1 orang anggota TNI asal Malang yang ditugaskan di Tanjungpinang, dan seorang guru SD honorer.

Terkait lonjakan kasus baru ini, Rahma mengaku pihaknya melaui Dinas Kesehatan Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana, yang bersama-sama Tim Gerak Cepat Covid-19, rumah sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan Kepri, dan seluruh stakeholder terkait telah melakukan upaya pencegahan Covid-19, secara massif dan terkoordinir berdasarkan kaidah-kaidah penanggulangan wabah dari Kementerian Kesehatan.

Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh masyarakat, dunia usaha, tempat ibadah, pasar, swalayan, perkantoran dan tempat-tempat penumpukan massa agar senantiasa menjalankan protokol pencegahan COVID-19, dari mulai pakai masker, jaga jarak, hindari kontak fisik, serta cuci tangan dengan sabun.

“Masyarakat adalah lini terdepan dalam pencegahan penularan COVID-19. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Aamiin yaa Robbal Alamiin,” ucap Rahma. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here