Cegah Penyebaran Covid-19, Rahma Jalani Tes Swab di Rumah Dinas Wali Kota

Tanjungpinang
Plt. Wali Kota Rahma saat melakukan tes swab oleh tim medis di rumah dinas wali kota

Tanjungpinang – Plt. Wali Kota Tanjungpinang Rahma memeriksakan kesehatannya, menyusul Gubernur Kepri Isdianto yang dinyatakan positif mengidap corona atau Covid-19.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang, Muhammad Tri Putranto menyebutkan Plt. Wali Kota Tanjungpinang Rahma melakukan rangkaian tes swab, kemarin, di Rumah Dinas Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Ia mengatakan tes swab dilakukan sebagai upaya pecegahan penyebaran virus corona. “Beliau melakukan tes untuk antisipasi, (pada) Minggu 2 Agustus 2020, di kediaman rumah dinas wako (wali kota),” kata Aan, panggilan karib Muhammad Tri Putranto, Senin (3/8).

Aan membenarkan Plt. wali kota melaksanakan swab terkait kehadirannya di acara tepuk tepung tawar dalam penyambutan kedatangan Gubernur Isdianto di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepri, pada Selasa (28/7) lalu.

Sehari sebelumnya, Isdianto resmi dilantik sebagai Gubernur Kepri definitif, oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Namun sepulang ke Tanjungpinang, ajudanny dinyatakan positif corona.

Selanjutnya sejumlah pejabat termasuk Isdianto, dan rombongan yang ikut acara pelantikan di Istana, diambil swab. Hasilnya Isdianto dan beberapa ASN, dinyatakan positif corona.

Tim Gugus Tugas Covid-19 bergerak melalukan tracing terhadap orang-orang yang kontak dengan Isdianto, termasuk di acara penyambutan gubernur, yang saat itu dihadiri sejumlah kepala daerah, seperti Plt. Wali Kota Tanjungpinang Rahma dan Wali Kota Batam, para pejabat, tokoh dan wartawan yang sedang meliput.

Tim medis bahkan telah melakukan pemeriksaan swab kepada ratusan orang yang diketahui melakukan kontak dengan sang gubernur, yang hasilnya puluhan orang positif terinfeksi.

Namun demikian, Aan menyakini bahwa Plt. Wali Kota Tanjungpinang tidak melakukan kontak langsung selama di acara tersebut. Seperti bersalaman dengan Gubernur Kepri, dan juga terhadap undangan yang hadir.

“Walaupun tidak kontak langsung atau bersalaman dgn siapapun (di acara penyambutan gubernur kepri), tapi Plt. Wali Kota Tanjungpinang (Bu Rahma) tetap tes swab sebagai antisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran corona,” kata Aan.

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here