Perkuat SDM, Disbudpar Tanjungpinang Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Tanjungpinang

Tanjungpinang- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Tanjungpinang melaksanakan Pelatihan Manajemen Homestay Kota Tanjungpinang, di CK Hotel Tanjungpinang, Selasa (11/8) Pagi. Kegiatan dibuka langsung oleh Plt. Walikota Tanjungpinang, Rahma.

Kadisbudpar Surjadi, menjelaskan pelatihan akan silaksanakan selama 4 Hari, dimulai dari 11-14 Agustus 2020. Peserta sebanya 40 orang yang merupakan perwakilan dan pemilik lansung homestay yang ada di kota Tanjungpinang.

Peserta akan mengikuti berbagai materi selama mengikuti pelatihan yang disusun oleh Akademisi dan Praktisi dari Politeknik Bintan Cakrawala. Materi meliputi Kewirausahaan, Service Excellence, Operasional homestay, Praktek Operasional homestay, Food and Beverage Service, Table Manner, Managemen dan Oprasional Tata Graha, Praktek Tata Graha, Hygiene and Sanitation, Covid Protocol, Groming, Marketing dan Promosi.

Plt. Walikota Tanjungpinang Rahma dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, yang menggelar kegiatan pelatihan dalam rangka memperkuat SDM pengelola homestay.

“Perkembangan dunia pariwisata sangat cepat, Saat ini bukan lagi yang pintar mengalahkan yang bodoh melainkan yang cepat mengalahkan yang lambat. Itu hendaknya dipahami oleh pelaku pariwisata di Tanjungpinang, termasuk pengelola homestay di Tanjungpinang,” ujar Rahma.

Rahma mengatakan pandemi Covid-19 yang nyaris mengubah semua bentuk bisnis pariwisata di Tanjungpinang menjadi mati suri. Hotel, Resort, Wisma, hingga homestay ikut terdampak langsung. “Saya berharap pengelola homestay harus cepat mencari solusi, Sambil menunggu Covid-19 berlalu, pengelola homestay perlu mempersiapkan diri untuk menyambut masa-masa pasca covid, seperti mengikuti pelarihan yang kita selenggrakan ini,” imbuhnya.

Rahma pun berharap agar peserta mengikuti pelatihan dengan sunghuh-sungguh, sehingga materi yang akan disampaikan oleh Narasumber dapat dipahami dan dijadikan sebuah panduan dalam pengelolaan homestay.

Dengan demikian, lanjut Rahma, kedepannya pengelola homestay di Tanjungpinang dapat membentuk sebuah wadah atau asosiasi. “Wadah inilah nanti yang menjadi ajang untuk meningkatkan kerjasama antar pengelola homestay di Tanjungpinang dapat berkembang seperti daerah- daerah lainnya di Indonesia, Tidak ada kata terlambat jika kita mau memulai,” tutup Rahma.

Dalam acara turut dihadiri, Direktur Politeknik Bintan Cakrawala, Rd Rita Ritasari, ST. Par, MM, Tim pendamping narasumber, dan Para peserta pelatihan homestay. (rls)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here