Akhirnya BLT Tanjungpinang Disalurkan: Terimakasih Bu Rahma

Tanjungpinang

Tanjungpinang – Sempat menjadi polemik, Pemko Tanjungpinang akhirnya mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga terdampak virus corona atau Covid-19. Kabar baik ini disambut riang gembira dan ucapan terimakasih kepada Plt. Tanjungpinang Rahma yang telah menuaikan janjinya.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh oleh Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP di Aula Kantor Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Kamis (19/8) Pagi.

Berdasarkan data Dinas Sosial Tanjungpinang, ada 31.220 KK (kepala keluarga) sebagai penerima BLT terdampak Covid-19 yang anggarannya bersumber dari APBD Tanjungpinang 2020.

Setiap KK akan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu, sehingga keseluruhan dana yang disiapkan mencapai Rp18,732 miliar. Sementara teknis penyalurannya diserahkan kepada PT. Pos Indonesia.

Penyaluran BLT ini sempat tertunda beberapa kali hingga menyulut polemik. Bahkan Plt. Walikota Tanjungpinang Rahma sempat dibuat repot karena saban hari dihujani kritikan pedas dari berbagai pihak, karena dianggap tidak berpihak kepada rakyatnya di tengah pamdemi virus corona atau Covid-19.

Meski Rahma dan jajaranya terus berusaha memberikan penjelasan terkait molornya pembagian bantuan sosial berupan uang tunai itu, namun tak berdaya menahan laju gempuran kritik.

Tapi masa itu sudah berlalu. Kini BLT siap didistribusikan kepada warga yang membutuhkan berdasarkan data yang telah diverifikasi sebelumnya. Wajah Rahma pun tampak lebih cerah dari biasanya saat berpidato memberi sambutan di acara penyerahan BLT tersebut. Yang terus melempar senyum sumringah.

Dalam kesempatan tersebut, Rahma meminta kepada dinas terkait, camat dan lurah serta PT. Pos Indonesia untuk mengawal pelaksanaannya agar tepat sasaran sesuai data penerima manfaat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Ia mengatakan pendistribusian bantuan BLT adalah sebagai bukti komitmen Pemko Tanjungpinang untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak pandem Covid-19.

“Pemko Tanjungpinang telah tunaikan janji dan akan terus komitmen untuk masyarakat, kami berharap dengan dana BLT tersebut agar bisa tersalur sepenuhnya kepada penerima di Kota Tanjungpinang, tidak ada yang tertinggal dalam pembayaran, semoga BLT ini bisa bermanfaat bagi warga Kota Tanjungpinang dalam kondisi pandemi saat ini,” katanya.

Rahma kembali mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang untuk tetap meningkatkan kewaspadaan diri dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona, seperti sosial dan Physical distancing. Perigatan disampaikan karena penyebaran virus masih ada penambahan hingga saat ini.

“Mari kita berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu, mudah-mudahan penanganan Covid-19 di Kota Tanjungpinang dapat kita selesaikan dalam waktu cepat sehingga kita kembali berpikir mengambil langkah-langkah dalam membangkitkan kembali kondisi ekonomi daerah,” pesan Rahma.

Adapun Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Tanjungpinang, Donni Rius Ibhar, menjelaskan terkait teknis penyalurannya. Menurutnya penyaluran BLT akan dibagi pada beberapa titik dalam setiap hari yang terjadwal berdasarkan kelurahan serta RW masing-masing.

Sedangkan untuk lokasi pengambilan BLT, Donni Rius Ibhar menyebutkan BLT dapat diambil di Kantor Pos Batu 3, Kantor Dinsos, Kantor Camat dan beberapa Kantor Lurah. Namun penerima dapat mengambil dana sesuai jadwal yang dimulai pada Kamis 19-31 Agustus.

Namun, kata Donni, jika nanti masih ditemukan ada warga yang belum sempat ambil BLT sesuai batas waktu yang ditentukan, maka masih dberikan waktu sampai dengan pertengahan September.

Terkait penyaluran BLT, Pemko Tanjungpinang penuh kehati-hatian agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. Ini membuktikan strategi Plt. Walikota Tanjungpinang beserta jajaran sangat matang dalam pembagian BLT, dan pada momen yang tepat.

Bahkan BPK sendiri juga memberikan apresiasi kepada Pemko Tanjungpinang bahwa saat kondisi terburuk Kota Tanjungpinang yang paling siap dalam mewaspadai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Dalam penyerahan bantuan ini turut didampingi, Sekertaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M,Si, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Ahelya Abustam, Kasi Datun Kejari Tanjungpinang, Bob Sulistian, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si, Kepala Inspektorat, Drs. H. Tengku Dahlan, MT, Kadinsos, Amrialis ST, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang Serta undangan lainnya. (rls)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here