Bupati Bintan Serahkan Ratusan Bantuan Alat Pertanian kepada Petani

Tanjungpinang
Penyerahan bantuan alat-alat pertanian

Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan ratusan alat cangkul, parang, garpu besi dan handsprayer kepada ratusan petani di Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Gunung Kijang, Sabtu (19/9) pagi.

Dalam sambutannya, dirinya menyatakan Pemkab Bintan tahun 2021, akan menyiapkan skema bagi para petani untuk mudah mendapatkan fasilitas bantuan pinjaman dalam berusaha.

“Kita siapkan skema nya, agar para petani kedepannya mudah untuk mendapatkan modal usaha. Pinjaman modal usaha bagi petani yang pinjam ke Bank hanya cukup membayar pinjaman pokok, sedangkan bunga Bank nya Pemkab yang akan subsidi,” tegasnya.

Penyerahan bantuan alat-alat pertanian

Bupati Apri mengaku bangga dan berbahagia karena pertumbuhan petani milenial di kabupaten Bintan, yang menunjukkan trend peningkatan yang signifikan. Hal itu menurutnya bahwa sektor pertanian sudah menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan sektor ketahanan pangan.

“Petani milenial kita saat ini banyak, ini menunjukkan bahwa petani itu profesi yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Dikatakannya juga bahwa Pemkab Bintan saat ini juga menyiapkan skema pemanfaatan limbah kotoran ayam bagi kebutuhan para petani di Bintan.

Penyerahan bantuan alat-alat pertanian

“Di Bintan, saat ini ada 200 kandang ayam. Kita akan siapkan MoU bahwa tai ayam yang bisa digunakan untuk pupuk tadi, setidaknya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bagi petani Bintan,” ujarnya.

Menurutnya saat ini, sayuran produksi petani Bintan sudah banyak memenuhi kebutuhan sayuran tidak saja masyarakat Bintan, namun juga masyarakat di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here