Komisi III DPRD Kepri Sidak Kondisi Kelistrikan di Permukiman Warga Kurang Mampu dan Wilayah 3T

Tanjungpinang

Karimun – Listrik adalah kebutuhan dasar seluruh masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Riau. Namun faktanya, saat ini masih banyak rakyat yang belum menikmati daya listrik di rumahnya sebagai alat penerangan.

Bahkan tercatat, hampir 1,5 juta rumah tangga di seluruh Indonesia yang belum berkesempatan menikmati listrik. Mayoritas masyarakat yang belum teraliri listrik itu karena tinggal di pelosok-pelosok sehingga sulit dijangkau oleh jaringan listrik PLN.

Mereka juga ada yang tinggal di pulau-pulau tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
Untuk itu, Pemerintah bersama semua pihak harus segera bertindak memberikan dukungan agar mereka bisa segera menikmati listrik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau Widiastadi Nugroho saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke sejumlah tempat di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi III yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari Surya Sardi, Nyanyang, Haris P, Yudi Kurnain, dan Samadin Sinaga. Mereka melihat secara langsung kondisi warga di Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun yang masih belum teraliri jaringan listrik.

“Masalah yang dihadapi saat ini, bukan hanya jumlah pembangkitnya yang tidak seimbang dan jaringan transmisi serta distribusi yang sedang dibangun, melainkan juga kemiskinan dan pertambahan konsumen atau rumah baru setiap tahunnya,” jelasnya.

Untuk pihaknya bersama Komisi III DPRD Provinsi Kepri, akan fokus dan konsisten untuk memperjuangkan agar masyarakat di kawasan yang masuk dalam kategori kurang mampu tersebut.

“Kita akan berkoordinasi dengan lintas sektoral. Pada intinya, dari hasil sidak ini banyak melihat dan menerima masukan serta keluhan dari warga. Dan ini yang akan menjadi bekal kita,” jelasnya. (***)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here