Hari Kanker Sedunia, Dinkes Ajak Warga Tanjungpinang Terapkan Gaya Hidup Sehat

Tanjungpinang

Tanjungpinang – Memperingati Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari 2021 ini, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, dr. Nugraheni Purwaningsih mengimbau masyarakat agar meningkatkan kepedulian untuk mencegah perkembangan kanker dengan cara melakukan gaya hidup sehat.

“Gaya hidup sehat sebaiknya terus dilakukan. Selain menjaga tubuh tetap sehat, juga menurunkan risiko terkena penyakit, khususnya kanker,” kata dr. Nugraheni, usai pembukaan acara pemberian vitamin A, di Posyandu Merak, Jalan Pompa Air, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, kanker itu tidak datang serta merta atau timbul di tubuh kita. Karena, kanker bisa kita cegah sejak dini. Yang paling utama, sejak balita harus sehat. Kalau warga negara sejak balita, remaja, tuanya sehat, InsyAllah kanker tidak mendekati.

“Asalkan bergaya hidup sehat. Tidak merokok, tidak seks bebas, dan tidak narkoba,” ucapnya

Untuk menekan penyakit kanker, Ia mengatakan dapat melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk kanker servik dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) untuk deteksi kanker payudara.

“Untuk deteksi dini kita ada yang namanya pemeriksaan IVA dan Sadanis. Kita terus mendorong masyarakat agar melakukan deteksi dini kanker ke puskesmas maupun rumah sakit,” ujar dia. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here