DPRD Kepri Gelar Sidang Penyampaian Pidato Sambutan Gubernur Ansar Masa Jabatan 2021-2024

Tanjungpinang

Tanjungpinang – DPRD Kepri menggelar sidang paripurna dengan agenda ‘Penyampaian Pidato Sambutan Gubernur Kepulauan Riau Masa Jabatan 2021-2024’, di ruang sidang utama kantor DPRD di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (4/3)

Sebagaimana diketahui, Gubernur H. Ansar Ahmad dan Wagub Hj. Marlin Agustin resmi dilantik Presiden pada Kamis, 25 Januari 2021.

Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Jumaga Nadeak didampingi Wakil Ketua I Dewi Kumalasari, Wakil Ketua II Raden Hari Tjahyanto, dan Wakil Ketua III, Afrizal Dachlan.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Sekdaprov Kepri TS Arif Fadilllah, FKPD, OPD dan undangan dari pihak terkait dengan masalah ini.

“Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, rapat paripurna secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Jumaga Nadeak seraya mengetok palu tanda sidang dibuka.

Selanjutnya, Jumaga mempersilahkan Gubernur Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Marlin Agustina maju ke depan untuk menyampaikan pidato sambutan Gubernur Kepri masa jabatan 2021-2024.

“Kami persilakan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri untuk dapat menyampaikan sambutannya untuk masa Jabatan 2021-2024,” ucap Jumaga.

Dalam kesempatan ini, sebaga Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri keduanya berjanji akan merealisasikan visi yang telah mereka sampaikan pada saat kampanye kepada masyarakat Kepri. Adapun visi yang di usung oleh H. Ansar Ahmad dan Hj. Marlin Agustina adalah ‘Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya’.

“Dengan terpilihnya menjadi Gubermur dan Wakil Gubernur Kepri, maka kami akan bertanggung jawab untuk merealisasikan visi yang telah kami sampaikan kepada masyarakat,” kata Ansar di hadapan para anggoda DPRD dan undangan yang hadir.

Untuk mewujudkan visi tersebut, lanjut Ansar dirinya sudah menyusun lima misi utama yang meliputi percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim dan keunggulan wilayah untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. Selanjutnya mewujudkan kualitas SDM yang berkualitas, sehat dan berdaya saing dengan berbasis iman dan taqwa.

Misi lainnya adalah melaksanakan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, berorientasi pelayanan dan berwawasan lingkungan. Kemudian mengembangkan dan melestarikan budaya Melayu dan budaya nasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Adapun misi yang terakhir adalah mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur antar pulau guna pengintegrasian dan percepatan pembangunan kawasan pesisir.

Dalam penyampaian pidato ini, H. Ansar Ahmad juga memberikan kesempatan kepada wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina untuk bergantian dalam menyampaikan sambutannya.

Marlin menjelaskan jika untuk merealisasikan kelima misi tersebut telah menyusun tujuh program unggulan yang dalam pelaksanaanya bisa lebih spesifik, fokus dan terarah untuk mencapai sasarannya. Seperti bidang ekonomi, sosial, kesehatan, perikanan dan sebagainya.

Ketujuh program unggulan yang dimaksud Marlin meliputi program percepatan pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi, penguatan jaring pengaman sosial dan kesehatan masyarakat pembangunan manusia yang unggul dan berkarakter, tata kelola pemerintahan yang beraih, pembinaan keagamaan, pelestarian budaya dan harmoni masyarakat, percepatan pemerataan pembangunan i frastruktur dan pengintegrasian antar pulau, serta yang terakhir adalah program optimalisasi potensi kemaritiman, pertambangan dan lingkungan.

“Itulah tujuh program unggulan kami yang akan segera diimplementasikan di tujuh Kabupaten dan Kota di Kepri. Tentunya kami mengharapkan dukungan dan kerjasama DPRD, para Perangkat Daerah Provinsi Kepri, serta semua stakehokder yang ada. Kami akan membuktikan amanah masyarakat kepada kami melalui bukti kerja nyata di lapangan,” kata Marlin. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here