Pemko Tanjungpinang Gelar Peringatan Isra Mi’raj

Tanjungpinang

Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang memperingati Isra’ Mi’raj  tahun 1442H/ 2021M yang menghadirkan penceramah KH. Syarifuddin El Makky dari Kabupaten Karimun. Peringatan Isra’Miraj digelar di Masjid Agung Al Hikmah, Rabu malam (10/3).

Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma, S. IP menyampaikan untuk memaknai hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj. “Alhamdulillah tahun ini kita dapat kembali menyelenggarakan peringatan Isra’ Miraj meski dengan kegiatan sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Maknai isra’ Mi’raj untuk memperbaiki diri,” ucap Rahma.

“Bersama kita aktualisasikan nilai nilai islam dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang agamis untuk mewujudkan masyarakat Tanjungpinang yang religius dan berbudaya,” tambah Rahma.

Rahma juga berharap, peringatan Isra’ Mi’raj ini dapat memperteguh sikap Istiqamah menjadi sarana memperkuat ukhuwah di antara ulama dan Umara untuk memperkuat persatuan diantara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Tanjungpinang dalam meneladani perjuangan Rasulullah.

“Oleh karena itu setiap memperingati Isra mi’raj hendaknya tidak sekadar larut dalam acara seremonial saja, juga mengimplementasikan nilai-nilai dan hikmah yang terkandung di dalamnya, terutama teladan tentang kesungguhan, ketabahan, dan kesabaran rasul dalam mengemban amanah,” jelas Rahma diakhir sambutannya.

Dalam kesempatan itu, KH. Syarifuddin menyampaikan dalam tausyiahnya mengenai sholat 5 waktu. “Amal yang pertama dihisab adalah shalat, bila shalatnya diterima, maka amal lainnya akan diterima. Shalat merupakan ibadah yang tak bisa terpisahkan dari diri kita, ibarat urat nadi yang terus berdenyut, sehingga tak dapat dipisahkan,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Peringatan Isra’ dan Mi’raj ini juga bisa menjadi wahana silaturrahim dan momentum mengingat kembali pentingnya ibadah sholat. “Silaturrahim akan merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas antar umat Islam, dengan momentum Isra’ Mi’raj ini kita maknai untuk menggalang kebersamaan sesama agar terbangun suasana yang harmonis, aman dan saling peduli. Bersama kita menjaga kualitas ibadah kita dengan melaksanakan sholat lima waktu dan memakmurkan masjid,” tutupnya.

Peringatan Isra’Miraj juga dihadiri Ketua DPRD Kota, Hj. Yuniarni. P Weni, SH, FKPD Kota, Plt. Kakan Kemenag Kota, H. Zahid, S. Ag, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kepala OPD, ASN Kota Tanjungpinang, serta masyarakat dengan jumlah terbatas. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here