Tahun 2021: Alokasi Infrastruktur Pendidikan di Bintan Mencapai Rp 45 Milyar

Tanjungpinang
Bupati apri kanan) saat berkunjung di SMPN 1

Bintan – Sektor pendidikan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bintan dalam 5 tahun terakhir ini dan akan terus berlanjut di tahun ini. Memang sejak Bintan dipimpin Apri Sujadi, cukup besar perhatian terhadap bidang pendidikan.

Maka di tahun 2021 ini Pemkab Bintan akan mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur bidang pendidikan yang diperkirakan menyentuh diangka Rp 45 Milyar rupiah. Hal itu diungkapkan Bupati Apri Sujadi saat berkinjung ke SMPN 1 dan SMPN 3 Kijang, Kec Bintan Timur.

Menurut Apri Sujadi, alokasi anggaran sebesar itu untuk pembiayaan sejumlah pekerjaan fisik rehabilitasi ruangan belajar dan sarana pendidikan yang saat ini terus digesa.

“(Jadi) masih pada hal mendasar seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Alhamdulillah, kondisi saat ini membuat kita semakin terpacu karena sedikit demi sedikit perubahan itu terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, M. Pd menjelaskan alokasi Rp 45 milyar rupiah bidang pendidikan di tahun 2021 ini bersumber dari dana DAK sebesar Rp 36 milyar dan dari Satker PUPR Provinsi Kepri seniali Rp 9 milyar.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pendidikan, juga akan merehab dan membangunkan sarana pendidikan dari dana DAK, APBD, APBN dan satker PUPR Provinsi Kepri.

“Sebagai contoh tahun ini pembangunan gedung induk majelis guru dan ruangan belajar SMPN 1 Bintan, serta ruang laboratoriumnya akan di rehab dengan total anggaran Rp 1,6 M, melalui dana DAK. Ini sesuai dengan komitmen Bupati Bintan agar SMPN 1 dapat dijadikan sebagai sekolah unggulan di Kabupaten Bintan. Jadi sarana prasarana secara bertahap kita perbaiki,” ujarnya.

Menurutnya di tahun 2021 ini setidaknya Pemkab Bintan akan menerima dana DAK sebesar Rp 45 M untuk pembangunan sektor pendidikan.

“Jadi pada tahun 2021 ini, Bintan setidaknya menerima Anggaran DAK total keseluruhan 45 milyar rupiah, dimana 36 milyar rupiah dan 9 milyar melalui satker PUPR Provinsi Kepri. Yang total 9 milyar rupiah tadi salah satunya, untuk menjadikan SDN 03 Bintim direhab sebagai sekolah unggul dan sekolah percontohan di Kabupaten Bintan,” jelas Tamsir. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here