Tips Mudah Merawat Peci Hitam Agar Selalu Kokoh dan Awet

Tanjungpinang
Peci hitam

Anda mungkin penggemar peci hitam standar yang banyak dikenakan orang dari berbagai kalangan baik pejabat tanah air sampai orang-orang bersahaja yang rajin mengurus masjid di lingkungan tempat tinggal. Faktanya, peci hitam memang salah satu peci paling diminati dan awet hingga bertahun-tahun dan semua itu tergantung cara perawatannya yang akan kita bahas dalam artikel tips mudah merawat peci hitam kali ini.

1. Jangan Sampai Basah

Meski mungkin tidak selalu bisa menjaga peci tetap kering karena satu dan lain hal misalnya kehujanan tiba-tiba, sebisa mungkin Anda harus menjaga agar peci hitam kesayangan tidak terkena air, tidak basah. Sudah pasti mencuci peci adalah hal yang sangat dilarang karena dapat mengurangi struktur kokoh peci yang umumnya dilapisi karton tebal pada bagian dalamnya.

2. Daripada Mencuci, Sebaiknya Jemur

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan peci hitam dari debu atau sisa-sisa keringat yang menempel selama digunakan? Anda bisa menjemur peci hitam di bawah terik matahari selama 10-20 menit sampai sisa-sisa keringat menghilang dan peci kering juga makin kokoh kakunya.

3. Bersihkan Dengan Sikat

Selain menjemur dan mungkin sedikit menepuk-nepuk peci agar terbebas dari debu yang bisa saja menempel, cara lain membersihkan peci hitam kesayangan Anda adalah dengan menyikat bagian berdebu menggunakan sikat gigi bekas yang mampu menjangkau setiap sudut sempit sekalipun. Pastikan Anda menyikat dengan hati-hati tanpa merusak bagian-bagian tertentu dari si peci hitam.

4. Jangan Menindih

Peci, ukurannya yang kecil memang sering membuat benda satu ini gampang terselip atau tersembunyi di satu tempat tanpa sengaja. Namun, jika Anda berniat menyimpan peci dengan baik saat tidak digunakan, pastikan dengan benar Anda tidak menindih peci dengan benda lainnya karena tertindih benda lain apalagi dalam waktu lama bisa membuat rangka dalam peci hancur.

5. Tambahkan Pewangi

Setelah membersihkan peci dengan sikat gigi bekas dan menjemur peci agar bebas dari sisa-sisa keringat, peci hitam kesayangan Anda mungkin akan berganti baunya dari bau apak ke bau matahari yang agak menyengat. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sedikit saja pewangi semprot ke bagian-bagian tertentu peci agar peci bebas bau matahari dan jadi lebih wangi juga tentu saja nyaman dikenakan.

6. Gantung Peci

Mungkin Anda kesulitan mencari tempat yang sesuai untuk menyimpan peci hitam kesayangan yang sedang tidak digunakan. Anda bisa meletakkan peci di tempat yang tinggi seperti di atas lemari, atau bahkan menggantung peci pada gantungan di dinding untuk menjaga agar peci aman dari jangkauan anak-anak, dan bisa sekaligus mencegah bau bersemayam lebih lama karena secara tidak langsung sedang Anda angin-anginkan.

7. Miliki Dua atau Lebih Peci

Mungkin tips merawat peci hitam terakhir ini rasanya kurang nyambung tetapi untuk Anda yang sering menggunakan peci, alangkah baiknya jika memiliki lebih dari satu peci hitam untuk sehari-hari agar bisa tetap tampil bersama peci kesayangan kapan saja. Hal ini dimaksudkan agar kedua peci itu bisa bergantian dikenakan dan salah satunya yang sedang disimpan bisa dibersihkan dengan baik sebelum gilirannya dikenakan kembali.

8. Miliki Peci Beda Warna

Peci hitam memang jadi peci favorit di kalangan para bapak tetapi tak ada salahnya jika Anda memiliki peci warna lain atau bedakan dari segi merk dan sedikit tampilan luarnya. Tentu saja hal ini ditujukan agar Anda tidak terjebak pakai peci yang itu-itu saja sampai rusak dan punya kesempatan mengenakan yang lain.

Peci hitam adalah salah satu peci kebanggaan Indonesia dan bisa Anda temukan produk-produk berkualitasnya di Blibli.com yang tentu saja selalu memberikan penawaran harga terbaik setiap harinya. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here