Tanjungpinang

Tanjungpinang – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kembali UMKM, termasuk ditengah situasi sulit dalam menghadapi pandemi Covid-19, seperti saat ini. Salah satunya melalui gerakan belanja produk-produk lokal.

Hal inilah yang sedang dilakukan oleh Wali Kota Tanjungpinang dalam upaya memajukan UMKM. Rahma pun mengajak warga Tanjungpinang untuk belanja produk-produk UMKM. Karena dengan cara itu diyakini mampu meningkatkan pemasaran produk lokal.

Untuk mendukung gerakan belanja produk lokal ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga melaunching Gerakan Belanja Produk UMKM, pada Minggu pagi (12/9). Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma S. IP yang langsung meresmikan gerai tani, yang berada di Jalan Hang Lekir, Tanjungpinang itu.

Hadir seluruh kepala OPD, para camat dan lurah, yang langsung rame-rame berbelanja produk-produk dari hasil pertanian lokal itu.

“Sekarang, di gerai pangan selain menjual kebutuhan pangan sehari-hari, juga terdapat stand produk UMKM binaan Pemko Tanjungpinang, yaitu dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan yang menjual bermacam makanan jadi, makanan kemasan, serta menjual bibit bunga”, jelas Rahma dalam ksempatan itu.

Gerakan Belanja Produk UMKM Kota Tanjungpinang dengan slogan Saya Bangga Belanja Produk Lokal, juga bertujuan untuk mendorong masyarakat agar membeli produk-produk buatan UMKM lokal dan mendukung keberlangsungan sektor ekonomi selama pandemi Covid-19.

“Program ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dan meningkatkan perekonomian agar hari ini dan seterusnya ada perubahan ekonomi yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Rahma mengajak seluruh masyarakat untuk berbelanja di gerai tani, karena selain harga yang bersaing, juga kini produk yang ditawarkan semakin lengkap. “Dengan adanya stan-stan produk UMKM, semoga menambah daya tarik masyarakat untuk berbelanja di gerai tani karena barang-barang yang dijual semakin beragam”, harap Rahma.

Dan sebagai bentuk dukungan sekaligus mempromosikan, para kepala OPD memborong produk UMKM untuk dibagikan kepada masyarakat yang sedang menjalani isoman di rumah karena terpapar covid-19, juga dibagikan kepada kelompok tani yang berjualan di gerai pangan.

Selanjutnya, Rahma bersama seluruh jajarannya serta masyarakat berbelanja kebutuhan pangan. “Dengan berbelanja di gerai tani, selain sebagai sarana silaturahmi, kita juga mendukung dan memajukan pemasaran kelompok tani lokal kita agar terus berkembang”, ucap Rahma sambil berbelanja. ***

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here