Kemunculan Puting Beliung Raksasa yang Hebohkan Warga Ranai Viral

Tanjungpinang

Natuna – Warga Ranai, Kabupaten Natuna, sempat dikejutkan kemunculan angin puting beliung raksasa. Angin puting beliung muncul secara tiba-tiba di atas laut, Ahad, 12 September 2021, kemarin.

Fenomena alam ini ternyata sempat direkam sejumlah warga dan akhirnya membikin heboh. Video rekaman yang diunggah ke media sosial ini bahkan viral hingga sekarang.

Meski puting beliung itu terjadi di laut namun sempat membuat takut warga, khususnya mereka yang tinggal di pinggir pantai.

Elijah Alia, 32 tahun, salah satu warga pesisir menceritakan kejadian puting beliung tersebut tidak berlangsung lama. Juga tidak sampai mendatangi rumah-rumah warga yang ada di pinggir pantai.

“Kejadiannya sekitar 10 menit di pinggir pantai. Puting beliungnya menghilang sebelum sampai ke pemukiman warga,” katanya.

Weather Forecast Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ranai, Prabu Aditya mengatakan fenomena ini disebut waterspout atau puting beliung yang terjadi di atas permukaan air laut.

“Fenomena ini terjadi disebabkan adanya awan konvektif cumulonimbus dan turun ke bawah seperti belalai dan terjadi di atas laut atau perairan,” katanya saat dihubungi, Senin, 13 September 2021 .

Meski terjadi di laut, Prabu tetap menghimbau masyarakat agar tetap waspada. Saipul

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here