Hari Pertama UKW BP Batam – SMSI Kepri Diikuti 16 Peserta

Tanjungpinang
Peserta UKW BP Batam – SMSI Kepri di hari pertama, di lantai 3 IT Center BP Batam, Jumat (12/7/2024). smsi

BATAM – Sebanyak 16 peserta antusias mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW) hari pertama yang berlangsung di lantai 3 IT Center BP Batam, Jumat (12/7/2024).

Arif Wibawa, Penguji UKW dari Fisip UPN Veteran Yogyakarta membuka langsung pelaksanaan UKW hari pertama dan memberi pengarahan kepada semua peserta.

Arif Wibawa mengingat peserta untuk disiplin waktu. Kemudian pada UKW ini, peserta yang terlambat datang dipastikan tidak lolos ujian, walaupun nila mata uji yang diikuti tinggi semua.

“Untuk jenjang wartawan muda dan madya ada 11 materi uji yang diberikan. Sedangkan tingkat wartawan utama ada 10 materi uji yang diberikan,” katanya.

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus mengapresiasi kontribusi BP Batam dalam mendukung terlaksananya UKW.

“Terima kasih kepada Kepala BP Batam dan biro humas yang telah memfasilitasi UKW. Kalau humas pemerintah seperti humas BP Batam semua, Indonesia akan lebih terkenal di dunia,” puji Firdaus.

Dia pun berpesan agar para wartawan bisa mengemban misi kebenaran dalam menjalankan tugas, sambil mencontohkan bagaimana perjuangan sejumlah nama pahlawan nasional yang memulai karir sebagai wartawan.

Sementara itu, Ketua SMSI Kepri Rinaldi Samjaya menyampaikan harapan agar para wartawan yang mengikuti UKW kali ini bisa lulus semua dan benar-benar menjalankan profesi kewartawanan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Bagi saya, wartawan itu harus bisa membaca tiga hal. Pertama yang tersurat, lalu yang tersirat apa yang ada dibalik peristiwa. Dan ketiga bisa membaca yang tersuruk,” kata Aldi sapaannya.

Aldi juga menyampaikan apresiasi kepada BP Batam yang telah mendukung kegiatan UKW dan selama ini cukup konsisten menjalin sinergi yang baik dengan wartawan dan media.

“Terima kasih kepada Kepala BP Batam, bapak Haji Muhammad Rudi yang selalu mensuport media dan wartawan di Kepri. Ke depan kita akan terus bersinergi,” ujarnya.

Ketua Panitia Zabur, menambahkan 16 peresta yang ikut UKW ini sudah diverifikasi Dewan Pers.

Menurutnya, saat dibuka pendaftaran, yang mengajukan sebagai peserta ada
67 calon peserta.

“Yang tidak lolos verifikasi administrasi peserta yang dilakukan Dewan Pers, ada kedudukannya sebagai direksi perusahaan. Ada juga sebagai kepala biro dan pimpinan perusahaan serta general manager,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto menyampaikan, wartawan adalah mitra BP Batam, dan berharap terus terjalin hubungan baik.

“Kita akan menyelenggarakan kembali UKW, kerjasama antara Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam dan SMSI Kepri. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pembinaan, meningkatkan profesionalitas wartawan, dan juga meningkatkan hubungan baik dengan media. Wartawan mitra bagi BP Batam,” tutur Purwiyanto.

Purwiyanto juga mengucapkan terima kasih kepada panitia acara, serta SMSI. Ia berharap terus terjalin hubungan baik.

(smsi/red)

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini