Lis-Raja Komitmen Membangun Sekretariat RBB Tanjungpinang

Tanjungpinang
Calon Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah saat bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh Batak dan pengurus Rumpun Batak Bersatu (RBB) di Posko Relawan Bela yang Benar di Jalan Wiratno, Selasa (15/10/2024). ist

TANJUNGPINANG – Calon Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, menegaskan komitmennya untuk membangun Sekretariat Rumpun Batak Bersatu (RBB) jika terpilih dalam Pilkada 2024.

Lis menjelaskan bahwa pembangunan Sekretariat RBB lebih mudah dibandingkan Sopo Godang, yang harus mengakomodasi motif lima Puak Batak. Saat ini, RBB telah memiliki lahan untuk pembangunannya, dan langkah selanjutnya adalah mengalokasikan anggaran.

“Insyaallah, jika terpilih, kita akan segera membangun Sekretariat RBB yang akan digunakan untuk berbagai pertemuan masyarakat Batak,” ujarnya di Posko RBB (Relawan Bela yang Benar) di Jalan Wiratno, Selasa (15/10/2024).

Ia menambahkan, dengan jumlah masyarakat Batak yang signifikan di Tanjungpinang, keberadaan kantor sendiri menjadi kebutuhan yang mendesak. “Kita akan membangun kantor yang representatif,” tambahnya.

Lis Sudah Siapkan Anggaran untuk Sopo Godang Rp1,8 Miliar

Lis Darmansyah juga mengungkapkan bahwa selama masa jabatannya sebagai Walikota Tanjungpinang (2013-2018), ia telah mengalokasikan anggaran Rp1,8 miliar untuk pembangunan Sopo Godang, namun proyek tersebut tidak terealisasi.

Hal ini terungkap dalam Konsolidasi RBB di Posko Pemenangan Lis-Raja, di mana sejumlah tokoh Batak mengonfirmasi pernyataan Lis terkait kendala yang dihadapi dalam pembangunan tersebut. Masalah utama muncul dari ketidakcocokan pandangan antar puak mengenai desain gedung.

Lis menyebutkan, meski telah mengalokasikan Rp1 miliar untuk pembangunan dan Rp300 juta untuk studi kelayakan serta desain, proyek tersebut gagal karena perdebatan di kalangan masyarakat Batak mengenai motif yang harus digunakan.

“Memang sulit menyatukan pendapat, terutama di kalangan generasi muda yang menginginkan motif masing-masing puak,” ungkap Lis.

Masyarakat Batak di Tanjungpinang, termasuk Gading Batubara, Sekretaris STM Martabe, mendesak Lis untuk melanjutkan rencana pembangunan Sopo Godang jika terpilih. Namun, Lis menegaskan bahwa ia akan memprioritaskan pembangunan Sekretariat RBB terlebih dahulu.

Lis menyatakan, “Membangun Sekretariat lebih sederhana dan tanpa perdebatan panjang mengenai motif. Sementara Sopo Godang perlu kesepakatan dari semua puak, yang sulit dicapai.”

Dengan dukungan dari 10 partai politik dan mayoritas anggota DPRD Tanjungpinang, Lis yakin pengalokasian anggaran untuk pembangunan Sekretariat RBB tidak akan menjadi masalah.

Ketua RBB, dr. Anthony Simatupang, mendukung komitmen Lis dan mengajak masyarakat Batak untuk memberikan dukungan pada pasangan ini. Dalam acara konsolidasi, Lis dan masyarakat Batak bernyanyi bersama lagu tradisional sebagai simbol dukungan.

Dengan kedekatannya dengan masyarakat Batak, Lis-Raja diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Tanjungpinang, termasuk memulihkan ekonomi dan mengatasi masalah kemiskinan yang melanda kota ini.

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini