BP Batam Apresiasi Penerbangan Reguler Internasional Incheon-Batam

Batam50 Dilihat
Penerbangan komersial berjadwal rute Incheon, Korea Selatan – Batam, yang ditandai dengan upacara inaugurasi di Bandara Internasional Hang Nadim pada Kamis, 17 Oktober 2024. bpb

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyambut baik peresmian penerbangan komersial berjadwal rute Incheon, Korea Selatan – Batam, yang ditandai dengan upacara inaugurasi di Bandara Internasional Hang Nadim pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Penerbangan reguler ini dioperasikan oleh maskapai Korea Selatan, Jeju Air, dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800, nomor penerbangan 7C-5301.

Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, melalui Kabiro Humas, Promosi, dan Protokol, Ariastuty Sirait, menyatakan bahwa penerbangan ini memberikan harapan baru bagi iklim investasi di Batam.

“Kehadiran penerbangan internasional ini tidak hanya berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara, tetapi juga membuka peluang investasi baru bagi kota Batam,” ujarnya.

Purwiyanto menekankan pentingnya pengembangan bandara yang berhasil melalui kerjasama dengan PT Bandara Internasional Batam (BIB), yang merupakan konsorsium PT Angkasa Pura I, Incheon International Airport Corporation, dan WIKA, sejak Juli 2022.

“Kami ingin mendorong pertumbuhan investasi dan ekonomi di berbagai sektor, termasuk pariwisata, yang sangat bergantung pada kunjungan wisatawan,” tambahnya.

Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menjelaskan bahwa penerbangan langsung ini merupakan hasil perjanjian codeshare antara Jeju Air dan Lion Air Grup.

“Operasional penerbangan dilakukan oleh Jeju Air, sementara pemasaran dilakukan oleh Jeju dan Lion Air. Tiket dapat dibeli melalui sistem Lion Air,” katanya.

Penerbangan Incheon-Batam-Incheon dijadwalkan beroperasi tiga kali seminggu, dengan rencana meningkat menjadi empat kali seminggu mulai 27 Oktober mendatang.

Rute ini dilayani setiap Rabu, Kamis, dan Minggu, dengan penerbangan 7C-5301 berangkat dari Incheon pukul 21.05 waktu setempat dan tiba di Batam pukul 01.30 WIB.

Sementara itu, penerbangan balik 7C-5302 dari Batam akan berangkat pada pukul 02.45 WIB dan tiba di Incheon pukul 11.25 waktu setempat.

Sebelumnya, Jeju Air juga telah melayani rute Incheon-Batam melalui penerbangan charter pada tahun 2023.

Dengan adanya penerbangan ini, diharapkan Batam semakin terhubung secara internasional dan mampu menarik lebih banyak investasi serta wisatawan.

(bpb/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *