Mensos Bersedia Tanggung Jaminan Kesehatan 29.692 Orang Warga Natuna

Tanjungpinang

 

Bupati Natuna Wan Siswandi

NATUNA – Lawatan Bupati dan Wakil Bupati Natuna Wan Siswandi-Rodial Huda ke sejumlah Kementerian di Jakarta, akhirnya membuahkan hasil. Kemensos RI menyetujui proposal Pemkab Natuna terkait jaminan kesehatan masyarakat..

Bupati Wan Siswandi mengatakan dalam proposal yang diajukan ke Mensos Tri Risma Maharani, adalah usulan untuk membantu menanggung jaminan kesehatan sebanyak 29.692 orang warga Natuna, yang menjadi peserta BPJS kesehatan.

Wan Siswandi menjelaskan, permohonan bantuan dilayangkan ke Kemensos RI, salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahunnya mengalami penurunan dan semakin kecil.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Risma Maharani telah menyetujui proposal tersebut. Selanjutnya, pembiayaan jaminan kesehatan bagi 29.692 warga Natuna yang menjadi peserta BPJS Kesehatan akan ditanggung oleh Kemensos.

“Dari total keseluruhan masyarakat kita ada 87.380 orang, yang mendapat sekitar jaminan pelayanan kesehatan melalui BPJS. Alhamdulillah, semuanya akhirnya mendapatkan pelayanan kesehatan, setelah Menteri Sosial berkenan membayar jaminan kesehatan 29.692 orang warga Natuna, kepada BPJS,” ujar Bupati Natuna Wan Siswandi, Selasa (12/4) di ruang kerjanya.

Maka selebihnya, jaminan kesehatan masyarakat akan menjadi tanggungan pemerintah daerah Natuna. Yaitu sebanyak 27.890 orang, yang terdiri dari peserta Mandiri 2.264 orang, PPU (ASN, TNI dan Polri) 24.876 orang dan pensiunan-veteran 750 orang.

“Dengan bantuan dari Menteri sosial ini, beban APBD kita jadi berkurang, dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan lainnya,” ungkap Wan Siswandi Kemudian.

Bupati Wan Siswandi mengatan selain bantuan pelayanan kesehatan, Mensos Risma juga menambah kuota penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat Natuna.

Saipul

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini