Ansar Buka STQH X Lingga: Ajak Masyarakat Meresapi Nilai-Nilai Alquran

Tanjungpinang
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, saat memukul beduk dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-X tingkat Kabupaten Lingga, di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Minggu (05/03) kemarin malam. Ist

KEPRI – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-X tingkat Kabupaten Lingga secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Minggu (05/03) kemarin malam. Pembukaan ditandai pemukulan beduk secara serentak oleh Ansar bersama para pejabat yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Anggota Komisi IV DPRD Kepri Hanafi Ekra, Bupati Lingga M. Nizar, Ketua DPRD Lingga Ahmad Nasiruddin beserta segenap anggota DPRD Lingga,  Forkopimda Kabupaten Lingga, Sekdakab Lingga, Para Ketua OPD Pemprov Kepri dan Kabupaten Lingga.

Adapun tema yang diangkat dalam pagelaran kali ini adalah ‘Dengan Pelaksanaan STQH ke-X Kabupaten Lingga Kita Wujudkan Nilai-nilai Al-Qur’an Menuju Harmonisasi Umat, Lingga Sejahtera’. acara akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 11 Maret 2023.

Adapun peserta berasal dari 13 Kecamatan se-kabupaten Lingga. Dengan rincian Kecamatan Singkep 29 peserta, Singkep Barat 30 peserta, Singkep Pesisir 18 peserta, Singkep Selatan 32 peserta, Lingga 31 peserta, Lingga Utara 17 peserta, Lingga Timur 28 peserta, Senayang 24 peserta, Selayar 24 peserta, Posek 25 peserta, Bakung Serumpun 14 peserta, Temiang Pesisir 20 peserta, dan Ketang Bidare 13 peserta dengan jumlah keseluruhan 305 peserta.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, memukul beduk dalam pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-X tingkat Kabupaten Lingga, di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Minggu (05/03) kemarin malam. Ist

Sedangkan Cabang yang diperlombakan antara lain Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Tartil, Hifzil 1 juz, 5 juz dan 10 juz, Hadits 100, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khathill Qur’an, dan cabang Karya Tulis ilmiah.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan apresiasi kepada Bupati Lingga beserta jajaran Pemkab Lingga, Pengurus LPTQ dan seluruh masyarakat Lingga yang menggelar pembukaan STQH ke-X Kabupaten Lingga ini dengan luar biasa.

“Hari ini kita melaksanakan STQH yang sudah dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan Kabupaten. Hingga nanti insya Allah tanggal 7 Mei 2023 kita akan menggelar STQH tingkat Provinsi yang menurut gilirannya akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun,” ujar Gubernur Ansar dilansir laman Pemprov Kepri, Senin (6/3).

Gubernur Ansar mengungkapkan, Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang berisi pokok-pokok ajaran Islam yang meliputi akidah syari’ah, akhlak, kisah-kisah dan hikmah dengan fungsi utamanya sebagai hudan (petunjuk) bagi umat manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

“Umat Islam sangat mencintai, menghormati dan memuliakan Al-Qur’an. Al-Qur’an secara istilah atau terminologi merupakan firman Allah yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang keutamaannya antara lain menjadi syafa’at atau penolong di hari kiamat, orang yang membaca dan mengamalkan Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya manusia, dan Al-Qur’an dapat menjadi pengangkat derajat manusia di mata sang Pencipta” kata Gubernur.

Untuk itu Gubernur menekankan, agar setiap penyelenggaraan acara seperti STQH ini tidak hanya dijadikan acara seremonial, rutinitas dan tahunan belaka. Akan tetapi harus diresapi bersama bahwa semua umat muslim memiliki tanggung jawab menginternalisasi nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.

“Siapapun kita, apapun profesi kita, kita punya kewajiban untuk hal tersebut. Apalagi dengan situasi kehidupan seperti saat ini. Berbagai krisis kehidupan, berbagai penyakit ketidaknyaman psikologis tidak sedikit dihadapi umat kita” pesan Gubernur Ansar.

Oleh karena itu, menurut Gubernur Ansar, jalan satu-satunya adalah ‘Back to Qur’an’. Tanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai solusi kehidupan. Komitmen mendorong pengembangan pendidikan Al-Qur’an.

“Mari bersama-sama yakini ketika kita bumikan Al-Qur’an di Kepri, niscaya Allah pasti akan memberikan keberkahannya sebab kita menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah umat” tutup Gubernur. (Joni)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here