Optimalkan Peran PKK Melalui Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

Tanjungpinang
Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari (kiri) dalam kegiatan Workshop Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (2/8). Suluhkepri

KEPRI – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari resmi membuka Workshop Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (2/8).

Workshop ini merupakan Program Kerja dari Deputi Bidang Pencegahan BNN RI Tahun Anggaran 2023 yang mengambil tema “Peran Ibu Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Keluarga”.

Workshop dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Kepri Henry Parlinggoman Simanjuntak, Koordinator Bidang P2M BNN Provinsi Kepri Lisa Mardianti, Kepala BNN Kota Tanjungpinang Heriyanto, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri Misbardi, para pengurus TP-PKK Provinsi Kepri dan para pengurus Organisasi Wanita Kepri lainnya.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar mengatakan bahwa peran seorang ibu sangat penting dalam mengatur keluarga, termasuk sangat berpengaruh dalam pendidikan dan pergaulan anak.

Untuk itu, Dewi Ansar berharap agar sosok Ibu bisa menjadi orang pertama yang akan berperan dalam pencegahan penggunaan narkoba di keluarga, terutama untuk anak-anak mereka.

Dikatakan Dewi Ansar, hal tersebut sangatlah penting karena peredaran narkoba adalah permasalahan yang serius, sehingga perlu semua pihak untuk bergotong-royong memerangi dan memberantas barang haram tersebut.

“Ibu-ibu luar biasa hebat. Semoga dengan kegiatan ini, para ibu-ibu kita mendapatkan masukan terkait cara melakukan pencegahan terkait narkoba,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menjelaskan, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang menjadi pondasi awal dalam segala aspek kehidupan. Bahkan, kebahagiaan dalam keluarga dinilai sebagai salah satu modal awal pembangunan. Untuk mendukung hal tersebut, maka setiap keluarga harus berkontribusi dengan melahirkan generasi penerus yang unggul, berkualitas dan bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Untuk mewujudkan keluarga yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba dibutuhkan ketahanan keluarga anti narkoba yang kuat,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, agar program ketahanan keluarga anti narkoba berjalan maksimal, maka dukungan kuat dari seluruh stakeholders sangat dibutuhkan.

Dewi Ansar memberikan apresiasi untuk BNN Kepri yang selalu intens dan melakukan terobosan baru dalam memerangi narkoba yang bisa merusak generasi bangsa di Kepri.

“Mudah-mudahan agenda serupa bisa dilaksanakan sampai ke Kabupaten dan kota se-Kepri, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Kepri, khususnya keluarga yang dibina untuk sama-sama berantas narkoba yang ada di daerah ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kepri Henry Parlinggoman Simanjuntak mengatakan, kegiatan ini lebih spesifik ke ibu-ibu, terutama bagaimana para ibu ini bisa menghadapi dan menjadi pembawa pesan untuk penanggulangan narkotika.

“Biasanya mereka para ibu-ibu hanya fokus dalam berorganisasi, tapi kali ini kita minta apa pokok pikiran dari mereka untuk mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan keluarga,” terangnya.

Henry menambahkan, selaku Kepala BNN Kepri dirinya melihat bahwa yang hal utama sekarang adalah meningkatkan dan menciptakan ketahanan keluarga.

“Untuk menciptakan ketahanan keluarga itu ada peran dari para ibu. Biarlah para ibu-ibu ini berkolaborasi dengan BNN untuk menyampaikan pesan,” tandasnya.

Henry juga menjelaskan bahwa melalui acara ini disimpulkan bahwa keluarga merupakan institusi sosial yang kuat dan berpengaruh dalam banyak hal serta awal pendidikan pembentukan karakter anak.

Selain itu, peran masing-masing anggota keluarga dapat terbentuk melalui pola asuh yang baik antara lain dengan komunikasi, saling mencintai, modelling dan keterikatan keluarga adalah kunci dan faktor pelindung dalam penyalahgunaan narkoba.

“Saya mengharapkan dengan adanya Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba ini bisa berdampak signifikan pada peningkatan kemampuan pengasuhan orangtua, peningkatan resiliensi anak serta penurunan perilaku negatif anak,” harapnya.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BNN Kepri dengan BKMT Provinsi Kepri yang ditandatangani oleh Kepala BNN Kepri Henry Parlinggoman Simanjuntak dan Ketua BKMT Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar dan Pembacaan Deklarasi tentang Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Kepri oleh Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari Ansar diikuti oleh seluruh tamu yang hadir dalam kegiatan ini.

Ade

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini