Rudi Ajak Warga Batam Sukseskan Pemilu-Cerdas Memilih

Tanjungpinang
Rudi saat menghadiri event #DemiIndonesia Cerdas Memilih di ASTON Batam Hotel & Residences, Jumat (12/1/2024). Diskominfo Batam

BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak masyarakat menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serta cerdas memilih demi Indonesia.

“Mari datang ramai-ramai ke TPS, kita sukseskan Pemilu 2024,” ujar Rudi usai menghadiri event #DemiIndonesia Cerdas Memilih di ASTON Batam Hotel & Residences, Jumat (12/1/2024).

Bahkan, Rudi, berharap, khusunya di Kota Batam, dengan antusias masyarakat memilih, bisa ikut andil dalam menentukan kejayaan Indonesia.

Di kesempatan itu, Rudi juga mengajak masyarakat menyambut pesta demokrasi ini dengan kegembiraan. Ia mengatakan, perbedaan pilihan bukan menjadi alasan terjadinya perpecahan.

“Soal perbedaan pilihan, merupakan hal yang biasa. Di momen Pemilu ini, mari tetap menjaga kekompakan,” katanya.

Dalam event #DemiIndonesia Cerdas Memilih ini dipersembahkan oleh Detikcom dan dihadiri langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Budi Arie Setiadi.

Di kesempatan itu, Menteri Kominfo mengungkapkan bahwa dalam mengkampanyekan pemilu damai pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mencegah masyarakat terpapar konten negatif di dunia digital.

“Hoaks masing mengancam demokrasi kita, sebagai pengawas ruang digital, sudah mencegah hoaks,” katanya.

Budi bahkan mengungkapkan, sesuai data, sebanyak 42 persen masyarakat masih percaya disinformasi terkait pemilu. Merespons itu, pihaknya melakukan berbagai gerakan mulai hulu hingga hilir.

“Di tingkat hulu, kami memiliki gerakan nasional literasi digital, patroli siber menyisir seluruh ruang digital demi terhindar dari hoaks, ketika menemui langsung menindaklanjuti dengan takedown,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menerbitkan klarifikasi jika Kominfo menemukan terdapat hoak di rumah digital. Kemudian, untuk tingkat hilir, di antaranya penegakan hukum bagi penyebar hoaks.

Adapun, sepanjang event #Demi Indonesia Cerdas Memilih digelar berbagai rangkaian acara seperti talkshow tentang pemilu hingga standup comedy oleh Panca Panjaitan. Event #Demi Indonesia Cerdas Memilih ini dipandu langsung Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini