BPS Catat Inflasi Batam Terkendali Pada Bulan Juli 2023

Tanjungpinang
Data BPS terkait perkembangan infasi kota batam yang terkendal pada bulan Juli 2023. Ist

BATAM – Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini merilis data terkait perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau tingkat inflasi di Indonesia untuk bulan Juli 2023. Menurut laporan yang dirilis oleh BPS, tingkat inflasi nasional mencapai angka 0,21%. Data ini mencerminkan situasi inflasi yang beragam di seluruh negeri.

Dikutip dari rilis Diskominfo Batam, Jumat (8/9), dari total 77 kota yang diamati, terdapat 13 kota yang mengalami deflasi, sementara 77 kota lainnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manokwari, Papua, dengan tingkat sebesar 1,43%, sementara deflasi terendah tercatat di Kota Tual dengan angka -0,50%.

Namun, sorotan utama jatuh pada Kota Batam, yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini melaporkan tingkat inflasi sebesar 0,27%, yang hanya sedikit di atas angka inflasi nasional. Penting untuk dicatat bahwa angka ini menempatkan Kota Batam dalam kategori terkendali, sementara angka inflasi Kota Tanjung Pinang mencapai 0,35%.

Lebih menarik lagi, pada bulan Juli lalu, Kota Batam berhasil menduduki peringkat ke-5 sebagai kota dengan tingkat inflasi terendah di Sumatera. Keberhasilan ini tentu merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak di Kota Batam yang telah menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok, serta mengendalikan inflasi.

Penting untuk memahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap inflasi di Kota Batam. Menurut data yang dihimpun oleh BPS, beberapa kelompok pengeluaran memiliki kontribusi terhadap tingkat inflasi di Kota Batam pada bulan Juli 2023:

1. Makanan, Minuman, dan Tembakau: 0,20
2. Pakaian dan Alas Kaki: 0,30
3. Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga: 0,07
4. Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga: -0,40
5. Kesehatan: 0,01
6. Transportasi: 1,35
7. Rekreasi, Olahraga, dan Budaya: 0,50
8. Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya: 0,19

Selain itu, beberapa jenis komoditas juga memainkan peran penting dalam penentuan tingkat inflasi di Kota Batam. Beberapa di antaranya adalah cabai merah, angkutan udara, angkutan laut, kentang, beras, bawang merah, rokok filter, kontrak rumah, ikan tongkol/ambu-ambu, dan brokoli, masing-masing dengan kontribusi yang berbeda.

Perkembangan inflasi yang terkendali di Kota Batam menjadi bukti kerja keras semua pihak yang terlibat dalam menjaga stabilitas harga dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Pemerintah dan stakeholder lainnya akan terus memantau dan berupaya menjaga situasi ini agar tetap terkendali dalam waktu yang akan datang.

Tira

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini