Gubernur Ansar Hadiri Musrenbang Natuna: Sektor Pariwisata Andalan Pemulihan Ekonomi

Tanjungpinang
Gubenur Kepri saat menyampaikan sambutan di Musrenbang Natuna

NATUNA – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri sekaligus membuka Musrenbang Kabupaten Natuna 2022. Kehadiran Ansar di Natuna, dalam rangka kunjungan kerja.

Gubernur Ansar mengatakan pertumbuhan ekonomi menjadi reperensi dalam Musrenbang, dan produk domistik regional bruto (PDRB) sebagai tolak ukur dalam perkembangan ekonomi, yang dihitung dari waktu ke waktu, dan dari tahun ke tahun.

“Di tahun 2022 ini pertumbuhan ekonomi Natuna sudah naik hingga mencapai 2 persen,” Demikian disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam acara Musrenbang Kabupaten Natuna, di Gedung Sri Jln Yos Sudarso Ranai Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Senin (21/03/2022).

Ansar mengatakan untuk menunjang percepatan peningkatan ekonomi Natuna Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN ) di Serasan yang akan diresmikan bulan Mei mendatang, bukan hanya untuk perdagangan komuditi antar negara, namun murupakan pelabuhan exit entry point wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Natuna.

Dalam memudahkan pelayanan exit entry point diperlukan CIPP (kontex evaluasi), sehingga wisatawan dari negara tetangga akan dipermudah masuk Natuna.

Ansar menegaskan upaya-upaya pemulihan ekonomi perlu terus dilakukan. Menurutnya salah satu pemulihan adalah di sektor pariwisata. Ia menerangkan, di tahun 2019, Kepri berhasil mencatat 2.5 juta kunjunga wisatawan asing.

Tingginya angka kunjungan Wisman, sekaligus menempatkan Kepri pada urutan kedua ku jugan wisata asing terbanyak di Indonesia, setelah Bali. Namun ditahun 2021, wisatawan yang diperbolehkan masuk hanya dibawah 500 orang.

Di tahun 2022 ini Pemerintah telah membuka kembali wisatawan asing masuk ke Indonesia dengan persaratan sweb PCR, apabila positif cukup dikarantina 3hari saja, kemudian wisatawan boleh berwisata kemanapun di Indonesia. Kemudahan ini semoga sektor wisata kita segera bangkit, harapnya.

Gubernur juga menyampaikan, untuk tahun 2022 ini Natuna akan dibangun melalui dana APBD Provinsi sebesar Rp. 69.863.000. 000,- diluar anggaran pokir anggota DPRD Kepri dapil Natuna Anambas. tutupnya.

Pada kesempatan itu Bupati Natuna yang diwakili Sekda Natuna, Boi Wijanarko menyampaikan, APBD Natuna dua tahun terkhir terkoreksi menurun yang disebabkan oleh wabah covid-19 melanda dunia. Kemerosotan perekonomian Nasional berimbas pula pada perekonomian daerah dan besaran APBD Natuna.

Ketua Pelaksana Musrenbang yang juga Kepala Badan Perencanaan, Peneflitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Natuna Mustofa dalam laporanannya mengungkapkan, bahwa stunting di Natuna cukup baik yaitu 11.77 persen.

Namun, menurutnya, Natuna belum bebas dari buang air bersih sembarang terutama yang bermukiman di pinggir laut.

Kemudian kami selalu membuat bazar untuk memperomosi produk unggulan daerah yang sudah di SK kan Bupati, yaitu kerupuk atom, ikan asin, ikan salai, pedik dan tikar pandan yang bekerjasama dengan masyarakat.

Saipul

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini