Sekda Batam Hadiri Rakor Sektoral Jelang Idul Fitri 2023, Bahas Harga Sembako

Tanjungpinang
Sekretaris Daerah Kota Batam Jefriden (kiri) mewakili Wali Kota Rudi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 M, Kamis (6/04/2023) di Lantai 3 Gedung Polresta Barelang. Diskominfo Batam

BATAM – Sekretaris Daerah Kota Batam mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 M, Kamis (6/04/2023) di Lantai 3 Gedung Polresta Barelang.

Rakor yang digelar secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Di lingkungan Polresta Barelang Rakor dipimpin oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH dan dihadiri Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

Beberapa informasi penting yang disampaikan melalui paparan para stakeholder dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023 M diantaranya pelaksanaan Operasi Ketupat yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17 April hingga 1 Mei 2023.

Pengamanan perlu dilakukan untuk mewaspadai pelaku teror, Ormas yang melakukan sweaping, kontrol terhadap bahan makanan pokok, perdagangan petasan, pusat perbelanjaan, masjid, tempat wisata, bandara, SPBU serta lokasi pemukiman yang ditinggalkan oleh pemudik. Tempat-tempat itu menurutnya harus dikawal dan diamankan untuk menghindari terjadinya tindakan kejahatan.

Puncak mudik diperkirakan berlangsung pada tanggal 19-21 April 2023, Polri menyiapkan 1.240 personel, Polda menyiapkan 91.153 personel, dan instansi terkait menyiapkan 55.818 personel. Selain itu untuk pengamanan Polri juga menyiapkan 2.787 posko yang terdiri dari 1.857 Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayanan, dan 217 Pos Terpadu.

Terkait pengamanan terhadap persediaan bahan pokok dalam rangka Idul Fitri 1444 H/2023 M, rencananya Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama dengan Forum Komunikasi Perangkat Daerah akan menggelar rapat pada tanggal 12 April 2023.

Jefridin mengungkapkan bahwa untuk persediaan bahan pokok, akan dilakukan pengecekan ke gudang Sembako. Untuk melakukan kontrol harga di pasaran, pihak Pemko menurutnya juga akan turun ke sejumlah pasar tradisional.

“Untuk mengintervensi harga pasar, jelang lebaran Idulfitri Pemko Batam juga menyelenggarakan pasar murah. Kegiatan pasar murah akan digelar di 10 titik yang ada di sembilan kecamatan mainland. Salah satu tujuan kegiatan pasar murah ini untuk mengintervensi harga pasar,” sebut Jefridin.

Pasar murah jelang lebaran menurutnya akan digelar Rabu (12/04) di Kelurahan Seibinti, Kecamatan Sagulung dan di Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji. Hari kedua, Kamis (13/04), pasar murah digelar di Kecamatan Sekupang dan dipusatkan di Kelurahan Tiban Indah. Pada hari yang sama, juga digelar di Kecamatan Lubukbaja.

Selanjutnya, hari Jumat (14/04), kegiatan pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Seibeduk dan Kecamatan Sagulung. Pada Sabtu (15/04), kegiatan pasar murah di Kecamatan Batuampar dan Bengkong. Terakhir, Minggu (16/04) pasar murah digelar di Kecamatan Batamkota, dan Kecamatan Nongsa.

Sama seperti kegiatan pasar murah sebelumnya, masyarakat dapat membeli berbagai macam bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, dan beras Bulog. Selain itu, distributor juga menyediakan produk-produk lain seperti daging beku sapi, daging beku kerbau, daging ayam beku, gula, mentega, tepung, dan sayuran segar.

Penulis: Baringin

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini