Terkait Ratusan Loyalis Oyon Mundur Massal, Ini Tanggapan Gerindra Tanjungpinang

Tanjungpinang
Sekretaris Gerindra Tanjungpinang Surya Admaja (ft: tanjungpinang.go.id)

TANJUNGPINANG – Perwakilan dari ratusan warga Tanjungpinang yang merupakan loyalis Ismulyono, ex Bendahara DPC Gerindra Tanjungpinang itu, mendatangi kantor partai tersebut, Rabu (3/8), untuk menyampaikan surat pernyataan pencabutan dukungan kepada Gerindra. Surat diserahkan oleh Widodo cs kepada pengurus Gerindra Tanjungpinang

Partai Gerindra Tanjungpinang menanggapi hal tersebut. Sekretaris DPC Gerindra Tanjungpinang Surya Admaja mengaku telah mendapat kabar atas kedatangan Widodo cs, untuk menyampaikan surat pernyataan pencabutan dukunga kepada Gerindra. Surya Admaja dihubungi lewat telepon oleh Wakilnya Syafrizal ketika menerima kedatangan Widodo cs, di kantor Gerindra, sore tadi.

“Ya benar, saya sudah tau kabarnya (saat kedatangan Widodo cs yang menyampaikan surat pencabutan dukungan dari Gerindra),” ujar Surya Admaja, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon WA, Rabu (3/8).

Anggota DPRD Tanjungpinang itu membenarkan bahwa ratusan warga Tanjungpinang yang mengajukan pencabutan dukungan kepada Gerindra merupakan simpatisan atau loyalis dari Ismulyono, atau yang akrab disapa Oyon itu.

Karena, di partai Gerindra, salah satu persyaratan bagi setiap kader yang ingin menjadi caleg diharuskan memiliki basis massa degan bersedia menjadi kader partai, serta meyerahkan foto dan salinan KTP ke sekretariat partai. Mereka kemudian dicatat sebagai calon anggota partai yang nantinya diverifikas untuk diterbitkan kartu keanggotanya (KTA).

Widodo cs saat menyampaikan surat ke kantor KPU Tanjungpinang, sebagai tembusan

Sehingga, Surya juga menduga pencabutan dukungan tersebut ada hubungannya dengan pengunduran diri Oyon dari pengurus dan keanggotaan partai Gerindra. Dia menjelaskan bahwa Oyon telah mengajukan pengunduran diri dari Gerindra, pada dua pekan lalu.

“Pak Ismulyono kan sudah mundur dari Gerindra, baik dari pengurus yaitu sebagai Bendahara DPC Gerindra Tanjungpinang maupun sebagai anggota partai,” kata Surya Admaja.

Surya mengaku tidak terkejut dengan kabar itu, karena sebelumnya pihaknya sudah megantisipasi hal tersebut. Sehingga, menurut Surya, pengunduran diri ratusan calon anggota partainya itu, tidak berpengaruh terhadap partai.

“Tidak berpengaruh, kita jalan terus untuk membesarkan partai. Dan, tak bisa juga untuk memaksa siapa pun untuk bergabung ke sebuah partai, apa di partai Gerindra atau partai manapun. Setiap orang kan bebas memilih dengan partai manapun sesuai keinginannya,” kata Surya.

Sebagaimana diketahui, saat ini partai politik sedang berbaik hati ke masyarakat, dengan harapan mendapat dukungan suara yang signifikan di Pemilu 2024 nanti.

Dari informasi yang dihimpun suluhkepri.com, Oyon merupakan kader Gerindra yang pernah menjadi Caleg DPRD Tanjungpinang, dan kemudiaan ditahun 2022 ini diangkat menjadi Bendahara DPC Gerindra Tanjungpinang.

Di Pemilu 2019, ia maju menjadi Caleg DPRD Tanjungpinang dari Dapil Tanjungpinang Timur. Meski gagal melenggang ke DPRD Tanjungpinang, Oyon termasuk salah satu Caleg Gerindra yang sangat potensial.

Berdasarkan data perolehan suara hasil Pemilu 2019 lalu, nama Oyon tercatat sebagai penyumbang suara terbesar ketiga partai Gerindra Tanjungpinang, khususnya di Dapil Tanjungpinang Timur, dengan perolehan 784 suara.

Selain itu, Surya juga menginformasikan bahwa saat ini kepengurusan Gerindra Tanjungpinang sudah terjadi perubahan. Ia menyebutkan ketua Gerindra Tanjungpinang yang sebelumnya dijabat Endang Abdullah yang juga menjabat Wakil Wali Kota Tanjungpinang itu, sudah diganti dan dipercaya kepada Mayanti, yang merupakan anggota DPRD Tanjungpinang.

Surya Admaja sendiri menjadi sekretaris yang sebelumnya dijabat Mayanti, sedangkan jabatan bendahara pengganti Ismulyono, diisi oleh Febriyeldi.

Ia menyebut pergantian kepengurusan DPC Gerindra Tanjungpinang yang baru, berdasarkan SK DPP Gerindra, tertanggal 15 Juli 2022.

Dia juga menepis tudingan ada konflik internal di tubuh DPC Gerindra Tanjungpinang. Menurutnya, pergantian kepengurusan partai adalah ahal biasa sebagai proses pengkaderan partai.

“Pergantian kepengurusan DPC Gerindra Tanjungpinang adakah membuktikan pengkaderan partai berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan Endang Abdullah, yang saat ini menjabat Wakil Walikota Tanjungpinang, dan posisinya diganti Mayanti sebagai ketua Gerindra Tanjungpinang, karena akan dipromosikan untuk menjadi pengurus di DPD Gerindra Kepri.

“Hal itu dengan tegas disampaikan oleh Pak Ketua DPD Gerindra Tanjungpinang,” sebut Surya. ***

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini