Ansar Saksi Nikah Massal di Bazar Pelayanan Publik Kepri Adhyaksa Run 5K

Tanjungpinang
Foto bersama: Gubernur Ansar dan para mempelai dalam acara nikah massal di Bazar Pelayanan Publik Kepri Adhyaksa Run 5K yang digelar di Gedung Daerah, Minggu (03/09). Ist

KEPRI – Dalam acara Kepri Adhyaksa Run 5K yang digelar di Gedung Daerah, Minggu (03/09), ada hal unik yang terlihat ketika Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyambangi Bazar Layanan Publik milik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri dan bertindak sebagai saksi prosesi Ijab Qobul 3 pasangan pengantin yaitu Safrudin dan Aryani, Ahmad Riadh Damanik dan Martilah, serta Micko Cahya Nugroho dan Ella Afriani.

Gubernur Ansar menyambut baik Nikah Masal sempena Hari Ulang Tahun ke-78 Kejaksaan Republik Indonesia dan dirinyapun berterima kasih kepada Kanwil Kementerian Agama dan seluruh stakeholder pendukung yang telah mempersembahkan kegiatan ini sehingga memberi kemudahan para calon pengantin.

Disebabkan keterbatasan ekonomi banyak masyarakat yang tidak punya surat nikah. Program nikah massal ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk menikah sesuai syariat agama dan undang-undang yang berlaku

“Terima kasih kepada Kanwil Kemenag Kepri beserta jajaran, bahwasanya telah menghadirkan acara nikah massal gratis ini karena sangat berdampak postif serta menjadi solusi bagi persoalan legalitas pernikahan dan persoalan-persoalan lainnya yang dialami para calon pengantin, sehingga mereka dapat dilegalkan dan diakui Negara pernikahannya,” ucapnya.

Lebih lanjut Gubernur Ansar berpesan kepada ketiga calon pengantin ini agar selalu bersyukur kepada Allah SWT dengan menjaga pernikahan sampai akhir hayat tanpa perceraian.

“Doa buat pasangan pengantin semoga pernikahan ini menjadi berkah dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah serta selalu bersyukur kepada Allah SWT” pesannya.

Sementara itu pasangan Pengantin Safrudin dan Aryani mengaku bersykur mendapat fasilitasi nikah massal dari Pemerintah. Bahkan ia juga tidak menyangka, Gubernur Ansar menjadi saksi pernikahannya.

“Tentunya senang, bahagia pak Gubernur berkenan jadi saksi. Ini nikahnya gratis, nggak bayar sama sekali. Yang jelas membantu masyarakat yang kurang mampu, bahkan semuanya ditanggung. Biar sah dan diakui juga secara Negara,” katanya.

Berdasarkan informasi petugas Kanwil Kemenag Provinsi Kepri di Lapangan pada periode 1 sd 31 Agustus hingga 03 september 2023 sudah sebanyak 309 pasangan yang sudah dinikahkan secara gratis di Wilayah Provinsi Kepri dengan rincian Kota Tanjungpinang 49 pasangan, Kabupaten Bintan 20 Pasangan, Kabupaten Lingga 14 Pasangan, Kabupaten Karimun 12 pasangan, Kota Batam 177 pasangan, Kabupaten Natuna 27 pasangan serta Kabupaten Anambas 8 Pasangan. (Zah)

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini