Fasilitas yang Disediakan Terkait Rencana Relokasi Warga Rempang ke Kawasan Galang

Tanjungpinang
Skema berbagai fasilitas yang dibangun terkait rencana relokasi warga Rempang ke Kawasan Galang, Batam. Ist

BATAM – Walikota Batam yang juga menjabat Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dengan tekad kuat terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Rempang hingga ke Pemerintah Pusat. Dalam upaya memastikan kesejahteraan warganya, relokasi masyarakat ke kawasan Galang telah diatur dengan matang, termasuk penyediaan fasilitas yang lengkap.

Langkah ini juga melibatkan rencana untuk menjadikan kampung baru sebagai pusat utama bagi para nelayan. Keputusan ini diambil setelah hasil pertemuan dengan Pemerintah Pusat, yang menunjukkan lokasi yang dipilih tidak jauh dari tempat asal dan tetap mempertahankan pandangan laut yang menjadi identitas penting bagi masyarakat.

Kampung Nelayan Utama ini akan dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk pelabuhan untuk pendaratan ikan, pabrik es, lemari pendingin, dan bahkan pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah.

Keberlangsungan proses relokasi ini memerlukan penyesuaian rancangan terperinci, dengan BP Batam saat ini tengah menyusun ulang Detail Engineering Design (DED) akibat perubahan ukuran kampung dari 200 meter persegi menjadi 500 meter persegi per warga.

Komitmen Muhammad Rudi dalam memastikan kesejahteraan warga yang terdampak sangat terlihat, dimana mereka akan mendapatkan perhatian mulai dari tempat tinggal sementara hingga bantuan finansial untuk biaya sewa dan kehidupan sehari-hari. Proyek ini diharapkan mampu menyelesaikan pembangunan rumah dalam waktu enam bulan.

Lokasi baru yang telah dipersiapkan berjarak sekitar 8 kilometer dari jalan utama. Infrastruktur pendukung seperti jalan selebar 8 meter, listrik, dan pasokan air bersih akan dibangun untuk memastikan kondisi lingkungan yang layak.

Peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan jumlah 2.600 Kepala Keluarga yang tersebar di 16 kampung di Kelurahan Sembulang dan Rempang Cate, menjadi fokus utama pemerintah.

Selain itu, memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam beraktivitas sebagai nelayan, juga salah satu prioritas utama pemerintah. Hal ini demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Baringin

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini