Gandeng Baznas Batam, Rudi Serahkan Zakat untuk Penyandang Disabilitas

Tanjungpinang
Rudi saat menyerahkan zakat kepada penyandang disabilitas dengan m mggandeng Baznas Kota Batam di Aula Lt.4 Kantor Wali Kota Batam, Senin (17/4/2023). Diskominfo Batam

BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam, menggelar Teladan Pemimpin Berzakat 2023, di Aula Lt.4 Kantor Wali Kota Batam, Senin (17/4/2023). Program ini merupakan sinergi Baznas Kota Batam dengan Pegadaian Syariah Cabang Carina kepada Penyandang Disabilitas.

“Saya sebagai Wali Kota Batam mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara kita yang memiliki keuangan lebih, ikut bersama Baznas menyalurkan kepada yang lebih berhak,” ujar Rudi.

Pihaknya mengapresiasi Baznas Kota Batam, yang menyalurkan zakat maal merata kepada semua pihak, juga kepada Pegadaian Syariah dan Rumah Sakit Awal Bros yang telah bergandeng tangan bersama Baznas Kota Batam.

“Kalau semua perusahaan di Kota Batam dan umat muslim memberikan zakat berkumpul disatu tempat, maka jumlahnya akan sangat banyak. Kalau itu bisa dikumpulkan saya yakin saudara- saudara kita yang tidak mampu akan terbantu dengan zakat dari Baznas,” kata Rudi.

Dalam kesempatan tersebut Rudi turut mengajak para masyarakat yang hadir untuk kompak bersama pemerintah menjaga Batam, agar pembangunan dapat lebih cepat dan ekonomi tumbuh lebih hebat.

“Sehingga kalau sudah kompak dan ekonomi naik, maka nantinya zakat maal ini juga akan bertambah sendiri termasuk yang ada di Pemko Batam. Zakat maal dari tiap bulan gaji yang sudah sesuai prosedur akan langsung terpotong,” katanya.

Selain memerintahkan ASN-nya untuk berzakat, Rudi turut menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam terutama umat muslim, untuk mengeluarkan hartanya melalui ibadah zakat.

“Zakat itu adalah wajib, karena itu bukan hak kita. Maka saya menyarankan dibayar dan titipkanlah pada badan yang mengelola yang ditunjuk pemerintah. Sehingga nanti badan ini akan menyalurkan apa yang kita mau, dan melalui badan inilah kita salurkan uang itu kepada mereka yang berhak menerima,” ujarnya.

Wali Kota berharap, melalui kegiatan ini dapat membuka hati seluruh masyarakat Batam untuk menyisihkan rejekinya dengan berzakat. Rudi turut membayarkan zakatnya secara langsung di loket layanan pembayaran zakat, yang disediakan oleh Baznas Kota Batam di lokasi tersebut.

“Jangan dilihat dari nilainya, tapi keikhlasannya. Ini semua juga atas saran melalui Pak Sekretaris Daerah Kota Batam, agar masyarakat terutama penyandangg disabilitas dapat terbantu,” katanya.

Acara ditutup dengan Penyerahan secara simbolis zakat maal oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Penyerahan Bantuan Disabilitas, Penyerahan Zakat Maal Rumah Sakit Awal Bros kepada Baznas Kota Batam. Baznas Kota Batam juga memberikan piagam terima kasih untuk Rumah Sakit Awal Bros dan ke Pegadaian Syariah Carina.

Penulis: Joni

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini