Agar Cuan di Adsense, Anggota SMSI Kepri di Bimtek Mitra Google

Tanjungpinang
Ilona Juwita pemateri bimtek untuk anggota SMSI Kepri yang disejalankan dengan kegiatan Rakerda dalam rangkaian pelantikan smsi Kepri dan smsi kabupaten kota se kepri

TANJUNGPINANG – SMSI Cabang Kepri bersama SMSI Perwakilan Kabupaten Kota se Kepri, menggelar acara pelantikan dan pengukuhan, di Hotel Aston Tanjungpinang, pada 29 Maret lalu. Pengurus SMSI Kepri dilamtik Ketum SMSI Firdaus, dan Pengurus SMSI Kabupaten Kota dikukuhkanoleh Ketua SMSI Kepri Zakmi.

Sebelum pelantikan, SMSI Kepri juga menyelenggarakan Rapat Kerja Daera Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang dihadiri perwakilan kabupaten kota se Kepri. Rakerda juga diisi Bimbingan Teknis oleh Mitra Google, dengan harapan bisa menambah pendapatan perusahaan-perusahaan media yang tergabung di SMSI.

Ilona Juwita menjadi pemateri Bimtek saat itu. Selain sebagai mitra google, Ilona Juwita adalah CEO Props dan Direktur Marketing Siberindo.co.

Selama Bimtek, pemaparan Ilona terkait materi yang dibawa cukup menarik perhatiaj para pemilik media. Sebab, tujuan dari materi yang dibeberkan Ilona, adalah untuk meningkatkan penghasilan perusahaan media melalui iklan google yang akrab di sebut adsense.

Menurut Ilona, peluang bisnis perusahaan media lokal untuk lebih cuan (untung) lagi di google adsense, masih terbuka, asalkan memahami kiat-kiatnya soal konten, serta bisa berkolaborasi bersama.

Foto bersama anggota SMSI Kepri dan Ilona Juwita usai kegiatan Rakerda dan bimtek

“Masih terbuka besar peluang bagi para media lokal dan bisa berkolaborasi bersama agar bisa cuan di google,” ujar Ilona.

Ilona kemudian memberikan penjelasan singkat dimana salah satunya syaratnya konten yang dibuat, news yang diluncurkan itu sangat ramah google.

“News masih peringkat teratas dalam mesin pencari google di Indonesia yang bisa memberikan penghasilan pasif income melalui iklan iklan google.

Pelatihan berjalan santai dipandu Devi Yanti Nur, yang selalu menyerukan peserta agar proaktif untuk menggali ilmu dari pemateri.

“Setidaknya ada 4 hal yang meski diperhatikan, jika konten atau news,. wordpress kita berkembang di google,” ujarnya.

4 hal tersebut antara lain, pertama tampilan berita dan isi berita ( ini menyangkut ke piawaian seorang jurnalis merubah gaya penulisan yang konvensional kearah ramah atau tanggap google.

” Meski kadang tidak 5 W 1 H, atau kita juga jarang dengar news seperti itu,” timpal Ilona lagi.
Kedua, IT media konten yang sangat mengerti bagaimana google analytic berkembang, dan membaca peluangnya karena google tidak akan mengerti jika muatan konten tidak mengikuti mesin pencari

Ketiga, akun adsense yang bisa mengoptimalkan segala fungsi petunjuk perkembangan, kecepatan penulisan, serta kecermatan menempatkan kata kunci adalah hal yang wajib di perhatikan

Keempat, lakukan kolaborasi sebab untuk masuk ke dunia digital, peluang google juga dimanfaatkan oleh perusahaan media bermodal besar yang konsisten dan memiliki padat modal dengan kinerja jurnalistik tersebar dimana saja.

“Nah, SMSI sendiri, punya sudah wordpress siberindo.co yang mumpuni buat kawan Kawan bisa colabs dan menjaring jumlah page viewer, manfaat wadah bersama ini,” ungkapnya.

Pelatihan IT ini bukan saja diberikan saat Rakerda, namun teman proops dan tonjoo serta mitra google juga sudah melatih SE Indonesia pemilik media agar optimasi konten bisa berjalan baik.

“Alhamdulillah saya salah satu peserta, saat ini sudah merasakan dampak pelatihan, kami dapat optimasi dashboard WordPress dan dapat iklan adsense.

Kedepannya, Zakmi selaku ketua SMSI menyatakan pelatihan ini akan dilakukan lagi secara reguler.
“Karena penting bagi kita bahwa perkembangan dunia usaha di dunia Maya, adsense dan penghasilan bagi anggota SMSI.

Zakmi mengatakan inilah peluang sekaligus tantangan agar media online bisa bertahan, semoga kita semua bisa bangkit dan sejahtera.

“Kita (di) Kepri pernah miliki salah satu media yang capai penghasilan ratusan juta dari google,” sebut Zakmi. ***

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini