Dua Regu Pramuka Kwarcab Batam Siap Wakili Kepri di Tingkat Nasional

Tanjungpinang
Ketua Kwarcab Batam, Jefridin Hamid. Ist

BATAM – Dua regu Penggalang Kwarcab Batam telah dipilih untuk mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam Lomba Tingkat (LT) V Kwartir Nasional (Kwarnas). Lomba yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur pada tanggal 17 hingga 23 Juni 2023 ini merupakan hasil dari LT IV Regu Pramuka Penggalang yang digelar di Bumi Perkemahan Dompak, Kota Tanjungpinang, Kepri pada 22 hingga 26 Februari 2023 lalu.

Kedua regu tersebut terdiri dari 16 peserta putra dan putri yang berasal dari Kwarcab Batam. Regu putra yang berasal dari Gudep SMPN 6 Batam berhasil meraih skor 1.635,58, sementara regu putri dari Gudep SMPN 9 Batam mencapai skor 1.698. Keberhasilan kedua regu ini menjadikan mereka sebagai regu berprestasi tinggi di LT IV Kwarda Kepri.

Ketua Kwarcab Batam, Jefridin Hamid, merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh kedua regu tersebut. Ia menyatakan bahwa Pramuka merupakan wadah yang telah melahirkan banyak kader terbaik, terutama di Kota Batam. Melalui keanggotaan dalam Pramuka, para anggota regu ini telah dibentuk dengan wawasan dan karakter yang kuat. Jefridin berharap agar kedua regu tersebut dapat menjaga nama baik Provinsi Kepri dan Kota Batam saat berkompetisi di tingkat nasional.

“Saya mengucapkan selamat bertanding dengan harapan agar kedua regu ini dapat menjaga nama baik Provinsi Kepri dan Kota Batam. Jadikan Pramuka sebagai dasar untuk membentuk karakter yang tangguh, disiplin, dan mandiri, sehingga para peserta menjadi pribadi yang memiliki sumber daya manusia (SDM) dan mental yang baik untuk sebagai penerus pembangunan bangsa,” ujar Jefridin, Senin (12/6/2023).

Ia juga berharap agar perjalanan menuju dan pulang dari lomba berjalan lancar dan selamat. Jefridin mengharapkan agar kedua regu dapat membawa pulang prestasi dan meraih juara di LT V Kwarnas ini. Dalam rangkaian perjalanan, Jefridin berdoa agar mereka diberikan keselamatan, kesehatan dan tidak mengalami hambatan atau gangguan sampai tujuan serta saat mengikuti perlombaan.

“Saya yakin dengan nilai-nilai Pramuka yang telah ditanamkan dalam diri mereka, para peserta dari Kwarcab Batam siap menjunjung tinggi sportivitas, kejujuran, dan semangat persaudaraan dalam setiap tahap kompetisi serta akan berusaha memberikan yang terbaik untuk mencapai hasil yang memuaskan,” harapannya.

Ketua Kwarcab Batam, Jefridin, menambahkan bahwa kontingen Kwarcab Batam telah melakukan persiapan yang intensif untuk menghadapi LT V Kwarnas. Para peserta telah mengikuti berbagai pelatihan dan pemantapan teknik serta strategi yang diperlukan dalam menghadapi kompetisi tingkat nasional ini.

“Mereka telah berlatih dengan penuh semangat dan dedikasi, siap memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam,” tambahnya.

Jefridin, yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Batam, berharap agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Lomba ini menjadi ajang pembuktian bagi para peserta Pramuka dari seluruh negeri, di mana mereka akan berkompetisi dengan regu-regu terbaik dari berbagai provinsi yang memiliki keahlian dan kemampuan luar biasa.

Selain meraih prestasi, Jefridin menegaskan bahwa LT V Kwarnas memiliki nilai lebih yang tidak dapat diabaikan. Lomba ini bukan hanya tentang meraih prestasi semata, tetapi juga tentang pembentukan karakter, pengembangan kepribadian, dan memperluas jaringan persaudaraan. Para peserta akan memiliki kesempatan berinteraksi dengan regu-regu Pramuka dari berbagai daerah, saling bertukar pengalaman, serta belajar dari keberagaman budaya dan pengalaman masing-masing.

“Lomba ini bukan hanya sekadar meraih prestasi, melainkan juga tentang proses pembentukan karakter yang kuat, pengembangan kepribadian yang holistik, serta memperluas jaringan persaudaraan di antara peserta,” kata Jefridin.

Jefridin juga mengajak seluruh masyarakat Kota Batam untuk memberikan dukungan dan doa agar para peserta dari Kwarcab Batam dapat menghadapi lomba dengan baik, menjunjung tinggi semangat fair play, serta meraih hasil yang memuaskan. Dukungan dari masyarakat Kota Batam diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi para peserta untuk memberikan yang terbaik dan mewujudkan prestasi yang membanggakan.

“Semoga usaha dari kontingen Kwarcab Batam membuahkan hasil yang memuaskan dalam LT V Kwarnas. Lomba ini diharapkan menjadi momen penting dalam pengembangan kepemimpinan, karakter, dan keterampilan mereka, serta memberikan pengalaman berharga,” ujarnya.

Jefridin, tak lupa untuk menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam persiapan dan pelaksanaan lomba tersebut. Ia mengakui bahwa keberhasilan dalam mempersiapkan para peserta tidak bisa terlepas dari peran serta orang tua, guru, pelatih, serta instansi terkait di Kota Batam.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru, pelatih, dan instansi terkait di Kota Batam atas dukungan dan bantuan yang diberikan. Semoga dengan adanya kerjasama ini, para peserta dapat tampil maksimal dan mencapai hasil yang memuaskan dalam LT V Kwarnas,” tutup Jefridin.

Penulis: Liza

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here