Pelimpak di Serasan-Natuna Terpilih Jadi Kampung Pancasila

Tanjungpinang

NATUNA – Pancasila merupakan harga mati yang sampai kapanpun tidak bisa diganti dengan ideologi lain demi keutuhan bangsa dan negara. Oleh karenanya, desa/kelurahan didorong menjadi “Kampung Pancasila”, dalam rangka menggaungkan Pancasila agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi.

Sehubungan dengan itu, Pelimpak salah satu kampung di wilayah kabupaten Natuna, persisnya berada di Kelurahan Serasan, Kecamatan Serasan, ditetaokan sebagai Kampung Pancasila. Pemilihannya leeat berbagai pertimbangan.

Danramil 06/Serasan, Letda Arh. Herman, yang merupakan penggagas dari kampung Pancasila Pelimpak mengatakan, pihaknya bersama Ormas Pemuda Pancasila, dan Pemerintah Kecamatan setempat sebelumnya telah melakukan survei sebagai bahan pertimbangan.

Letda Herman mengaku, warga Kampung Pelimpak sendiri memiliki sikap toleransi terhadap keberagaman agama, suku, ras dan budaya yang cukup tinggi dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan.

“Kami disini bersama Ormas Pemuda Pancasila, dan Pemerintah Kecamatan setempat sepakat memilih Kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila, dengan berbagai pertimbangan. Rencananya pada tanggal 1 Agustus mendatang, akan kita lakukan pencanangannya”, ujar Herman. Sabtu, (30/7) pagi.

Lanjut Letda Herman menambahkan, kegiatan Kampung Pancasila ini nantinya akan di perlombakan pada peringatan HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2022.

Sementara Camat Serasan, Rama, mendukung penuh program yang digagas oleh Koramil 06/Serasan ini. Dirinya berharap, dengan ditetapkannya Kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila dapat memberi motivasi bagi Kampung lain akan betapa pentingnya menjaga toleransi di dalam keberagaman agama, suku, dan ras.

“Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan. Dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika”, ucap Rama.

Atas nama pemerintah Kecamatan, Rama juga mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Koramil 06/Serasan dan Ormas Pemuda Pancasila dengan inisiatif pencanangan Kampung Pelimpak menjadi Kampung Pancasila.

“Sebagai Pemerintah Kecamatan Serasan, saya mengucapkan apresiasi kepada Koramil 06/Serasan dengan menggandeng Ormas Pemuda Pancasila menjadikan Kampung Pelimpak menjadi Kampung Pancasila”, imbuhnya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua MPC Pemuda Pancasila Natuna, Fadillah apresiasi terhadap Koramil 06/Serasan yang turut menggandeng pihaknya dalam menetapkan kampung Pelimpak sebagai Kampung Pancasila.

Menurut Fadillah, kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya NKRI.

Saipul

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini