Satgas Pangan Bintan Sidak, Temukan Harga Bahan Pokok Cenderung Turun

Tanjungpinang
Tim Perindag Bintan Iwan yang juga tergabung dalam Satgas Pangan

BINTAN – Ketersediaan barang-barang terutama bahan pokok (sembako) serta stabilitas harga di bulan Ramadhan hingga lebaran menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bintan.

Dalam rangka menjamin stok sembako tetap aman di pasaran dengan harga yang normal atau terjangkau, Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kabupaten Bintan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa titik pasar tradisional hingga swalayan di wilayah Kecamatan Bintan Timur.

Tujuan Ssdak digelar adalah untuk melakukan pemantau untuk mengetahui seperti apa grafik ketersediaan stok dan harga di lapangan.

Satgas Pangan ini terdiri dari Dinas Perindag, Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Ekonomi, hingga TNI-Polri. Pasar tradisional Barek Motor Kijang menjadi lokasi utama yang dikunjungi Satgas. Kemudian melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga.

Tim satgas pangan sedang mengecek ketersediaan bahan pokok migor di salah satu swalayan

Adapun bahan pokok yang dipantau seperi daging, ikan, sayuran, dan termasuk minyak goreng yang juga menjadi atensi karena memang sedang mengalami kelangkaan di pasaran.

Ditemui usai sidak, pada Rabu (20/04), Tim Perindag Bintan Iwan yang juga tergabung dalam Satgas Pangan, mengatakan dari hasil pantauan lapangan ditemukan bahwa harga bahan pokok secara keseluruhan mengalami penurunan.

Menurutnya penurunan harga ini disebabkan ketersediaan stok barang-barang masih aman atau masih cukup banyak sehingga mampu menekan harga.

Misalnya, kata Iwan, pihaknya menemukan harga bahan-bahan dapur seperti bawang, cabai dan lainnya masih relatif stabil. Untuk stok bahan pokok sendiri Satgas Pangan Bintan menjamin bahwa semuanya akan tercukupi bahkan hingga selesai lebaran nantinya

Stok migor masih aman di pasaran

“Harga ayam tadi sudah ke Rp. 36 ribu. Kalau minyak goreng yang kemasan masih stabil dengan harga mekanisme pasar. Yang dijumpai tadi cuma terigu yang sedikit naik” kata Iwan. (mcb/*)

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini