Temui Massa Mahasiswa, Kapolri Pastikan Penyampaian Aspirasi Aman dan Tertib

Tanjungpinang
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Peabowo menemui massa demo dari BEM SI yang menggelar aksi unjuk rasa di Monas, Jakarta Pusat (ft:TBNews)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menemui massa demo dari BEM SI yang menggelar aksi unjuk rasa di Monas, Jakarta Pusat, hari ini. Kehadiran orang nomor satu di Kepolisian RI itu, sekaligus untuk memastikan pengamanan aksi demonstrasi mahasiswa berjalan aman, damai dan tertib.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Sigit kembali menegaskan kepada jajarannya agar melakukan pengamanan terhadap massa mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa. Dia menegaskan Polri harus memberikan jaminan keamanan kepada setiap warga negara termasuk aksi demo mahasiswa, agar aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik kepada para pemangku kebijakan.

“Oleh karena itu kita sudah tugaskan seluruh anggota untuk mengawal dan mengamankan agar proses demo bisa berjalan, aman, damai, dengan tertib dan kemudian aspirasi teman-teman mahasiswa bisa tersampaikan.Dan ini menjadi sangat penting karena memang mahasiswa sebagai pengawal demokrasi selalu bersuara kritis harus kita jaga,” tegas Kapolri, dikutip dari TBNews.com, sebagaimana dilansir Sindonews.com, Senin (11/4).

Kapolri menekankan personel kepolisian di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan ruang demokrasi terhadap mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Hal ini dimaksudkan agar aspirasi tersalurkan dengan baik,

Kapolri mengatakan bahwa personel Kepolisian yang menjaga dan mengamankan demonstrasi pada hari ini telah diminta mengedepankan pendekatan humanis.

“Kepolisian sudah kita instruksikan di seluruh daerah untuk bisa memberikan pelayanan terhadap aksi demo mahasiswa karena memang kebebasan berekspresi sebagai bagian dari kebebasan demokrasi tentunya kita junjung tinggi,” jelas Kapolri.

“Dan ini Alhamdulillah mudah-mudahan semua berjalan kondusif dan Polri pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik agar proses demo teman-teman mahasiswa bisa berjalan aman dan lancar. Aspirasi tersampaikan dan pemangku kebijakan pemerintah dalam hal ini akan mendengarkan, dan tentunya ini akan kita harapkan menindaklanjuti yang diharapkan teman-teman mahasiswa.”

Untuk itu, Kapolri mengimbau kepada personel Kepolisian dan para demonstran untuk sama-sama mengantisipasi adanya gangguan dari penumpang gelap dalam unjuk rasa tersebut. Sehingga penyampaian aspirasi kepada pemangku kepentingan dapat terlaksana dengan baik. ***

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini