Embung Teluk Buton Akan Segera Berfungsi Suplai Air Baku untuk Warga

Tanjungpinang

NATUNA – Direktur Perumda Air Minum Tirta Nusa Kabupaten Natuna, Muhammad Zaki, menegaskan Embung Teluk Buton ditargetkan akan berfungsi secepatnya.

“Awal bulan Ramdhan 1443 H atau pada April 2022, Embung Telok Buton ditargetkan berfungsi mensuplai air baku untuk masyarakat Teluk Buton,” kata Zaki saat meninjau Embung Teluk Buton, Sabtu (5/3).

Untuk menjalankan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Embung Telok Buton, menurut Zaki, beberapa langkah teknis telah diambil agar segera bisa difungsikan.

“Berharap masyarakat bisa bekerjasama dalam program PDAM tentang pengaktifan kembali terkait SPAM yang ada, dan InsyaAllah sebelum bulan puasa, air sudah tersuplai kepada warga,” ujarnya.

Sebelumnya, sebut Zaki, Embung Telok Buton yang dibangun oleh BWS Sumatra V pada tahun 2016 itu sempat berfungsi menyuplai air bersih bagi masyarakat. Ketika itu Embung Teluk Buton masih di kelola oleh pihak desa setempat.

Namun adanya kendala operasional dari pihak desa, akibatnya Embung Teluk Buton tidak berfungsi hingga saat ini, meski intake, mesin pompa, hingga instalasi pipa telah terpasang sejak tahun 2018.

Saipul

KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini